Jelang Nataru, Diskominfo Purworejo Operasikan 30 CCTV

PANTAU. Forkopimda Kabupaten Purworejo saat melakukan pantauan di Stasiun Kutoarjo malam menjelang perayaan natal 2019.
PANTAU. Forkopimda Kabupaten Purworejo saat melakukan pantauan di Stasiun Kutoarjo malam menjelang perayaan natal 2019.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – 30 unit kamera Closed Circuit Television (CCTV) mulai dioperasikan mejelang perayaan natal 2019 serta tahun baru 2020 mendatang. CCTV yang oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purworejo dipasang di sejumlah titik strategis ini salah satunya difungsikan untuk memantau kondisi dan keamanan lingkungan.

Plt Kadinas Kominfo, Stefanus Aan mengatakan, sedikitnya terdapat tiga jenis kamera yang dipasang, yakni kamera 360 derajat, kamera recognize face atau pengenal wajah, serta kamera standar yang digunakan untuk memantau situasi.

“Kamera-kamera tersebut terhubung langsung dengan kamera milik beberapa instansi terkait. CCTV juga dapat dipantau langsung melalui kanal Youtube Dinkominfo,” ungkap Aan di sela-sela kegiatan pemantauan keamanan perayan malam Misa Natal oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Selasa (24/12) malam.

Baca juga
Pabrik Pengolahan Kayu di Purworejo Kembali Terbakar

Aan menjelaskan, selain bisa mengenali wajah, kecanggihan kamera-kamera cctv tersebut bisa mendeteksi dan melacak nomor polisi kendaraan yang melintas serta ke mana saja rute mereka. Kamera CCTV juga mampu merekam secara otomatis dengan resolusi tinggi selama 1,5 bulan.

Sementara itu, menjelang perayaan natal, Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Dandim 07/08 Letkol Muchlis Gasim, Kapolres AKBP Indra K Mangunsong, Sekda Said Romadhon beserta sejumlah instansi terkait mengunjungi beberapa pos pelayanan keamanan perayaan Nataru di Kabupaten Purworejo.

Kunjungan tersebut dilakukan guna memastikan penyelenggaraan ibadah Malam Misa Natal 2019 berjalan khidmat, aman, dan kondusif. Rombongan mengunjungi ruang comand centre, Stasiun KA Kutoarjo, Gereja Santo Yohanes Rosul Kutoarjo serta Gereja Santa Perawan Maria di Purworejo.

Pantauan dilapangan perayaan malam misa natal berjalan khidmat, para jemaat memadati gereja dari dalam hingga ke halaman gereja yang dijaga petugas keamanan TNI, Kepolisian Polres Purworejo, Pramuka, serta beberapa organisasi masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Pembangunan Bendungan Bener Purworejo Tinggal Putusan

Baca Juga
RPH Magelang Sudah Dilengkapi Alat Canggih ERS

Sebelum perayaan ibadah Misa Natal digelar, personel Polres Purworejo nampak melakukan sterilisasi guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Katolik dalam menjalankan ibadah Natal.

Bupati Purworejo Agus Bastian dalam momen pelaksanaan natal ini mengajak masyarakat Kabupaten Purworejo untuk menjaga keberagaman dan keharmonisan dalam beragama dengan menjaga kondusifitas lingkungan setempat.

“Saya melihat bahwa didalam perayaan malam natal ini berjalan khidmat, masyarakat saling menghormati,” ujar Bupati di sela-sela kunjungan.(luk)