Sterilisasi Gereja, Polres Wonosobo Kerahkan Anjing Pelacak

Sterilisasi Tempat Ibadah
STERILISASI. Memastikan keamanan dan kenyamanan jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Wonosobo gelar  sterilisasi tempat ibadah umat Kristen dan Katolik

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Memastikan keamanan dan kenyamanan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Wonosobo gelar  sterilisasi tempat ibadah umat Kristen dan Katolik kemarin. Sterilisasi dilakukan dengan menyisir seluruh kompleks tempat ibadah dengan menggunakan metal detektor dan anjing pelacak.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras mengemukakan kegiatan terkait dengan pengamanan natal dan tahun baru meliputi sejumlah tahapan kegiatan. Salah satunya sterilisasi dan nanti dilanjutkan ploting personil keamanan.  Pengamanan tersebut akan bekerjasama dengan panitia internal atau pihak gereja.

“Selain sterilisasi, kami juga akan menempatkan petugas di setiap pintu masuk untuk memeriksa pengunjung. Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus gereja agar ada pengurus gereja yang mendampingi kami dalam pemeriksaan nanti,” lanjutnya.

Baca Juga
Tertimbun Tanah Longsor, Seorang Pendaki asal Semarang Tewas di Gunung Sumbing

Menurutnya tujuan penyisiran tersebut  semata memastikan kondisi gereja aman dan tidak terdapat barang berbahaya yang mungkin mengganggu pelaksanaan misa. Sejauh ini kamtibmas di Kabupaten Wonosobo kondusif.

Fokus  pengamanannya akan menyasar tempat ibadah, baik itu gereja Katolik maupun gereja milik umat Kristen. Pihaknya  akan menempatkan personel di seluruh gereja di wilayah Wonosobo yang berjumlah 40 gereja.

“Ada 9 gereja di wilayah Kota Wonosobo yang merupakan prioritas pengamanan. Namun untuk gereja lain, kami juga telah menempatkan personel tambahan sebagai langkah antisipasi,” jelasnya.

Kapolres menegaskan bahwa tugas keamanan dan ketertiban menjadi tanggungjawab bersama. Terkait hal itu pihaknya meminta seluruh pihak, baik itu Pemkab maupuan komponen masyrakat lain untuk terlibat aktif menjaga lingkungan tetap kondusif.

Sementara itu, Kasat Sabhara AKP Agus Priyono  mengemukakan, kondisi Wonosobo secara umum aman dan terkendali. Sedangkan sterilisasi tempat ibadah hanya menjalankan prosedur upaya antisipasi pihak kemananan.

Artikel Menarik Lainnya :  Darurat! Segera Siapkan Vaksin Covid-19 untuk Anak-Anak

“Secara umum kondisi keamanan dan ketertiban di Wonosobo aman terkendali, sterilisasi tempat ibadah hanya langkah antisipasi saja,” katanya.

Selain sterilisasi tempat ibadah, polisi juga akan meningkatkan patroli patroli wilayah di sejumlah titik, seperti kawasan kota, pinggiran kota serta titik rawan di wonosobo yang sudah dipetakan. Dalam kegiatan tersebut Polres Wonosobo menerjunkan 11 personel dari Dalmas dan unit satwa Polres Wonosobo. Berbekal metal detector dan satu ekor satwa setiap sudut ruang gereja disisir. (gus)