SMP Mutual Kota Magelang Gelar Try Out USBN SD Online

HADIAH. Penyerahan hadiah juara try out dari juara 1 sampai 3
HADIAH. Penyerahan hadiah juara try out dari juara 1 sampai 3

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Try out USBN SD yang diselenggarakan SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah, tahun ini menyuguhkan dengan nuansa yang berbeda. Jika tahun lalu digelar secara manual, tahun ini digelar secara online memanfaatkan smatfphone, Senin (23/12/2019).

“Try out berbasis online ini pertama kali diselenggarakan di Magelang. Tahun kemarin SMP Mutual juga menyelenggarakan try out, namun masih berbasis kertas,” kata Kepala SMP Mutual Wasiun, M.PdI di sela acara.

Dalam try out yang diikuti 228 peserta siswa kelas VI dari Kota dan Kabupaten Magelang tersebut untuk dengan sistem online merupakan bagian dari keharusan dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Meskipun banyak para peserta yang merasa tabu.

“Namun hal ini tak lagi dapat dipungkiri karena pergeseran zaman,” tandas alumnus Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang ini.

Ketua panitia yang juga guru di SMP Mutual, Ahmad Haryanto, S. Pd.I, agenda tersebut untuk beradu kompetensi. Para finalis juara 1 sampai 3 mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

“Dalam kesempatan ini juara 1 dan 2 diraih Arkana IIham Zaydan Setiawan dan Nadia Meila Putri. Mereka berasal dari SDN Magelang 7. Juara 3 diraih Alfa Falahillah Manggala dari SD Muhammadiyah Sirojudin Kabupaten Magelang,” ucapnya.

Luna Aurelia Nugraha salah satu peserta dari SD Mutual Kota Magelang mengaku bahwa try out berbasis online ini cukup menarik. Pasalnya, anak-anak tidak ribet dan simple.

“Ini menjadi pengalaman pertama. Lebih ringkas dibanding dengan kertas,” terangnya.

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang yang memantau secara langsung jalannya try out. Pihak tersebut juga menyerahkan hadiah kepada para finalis. (man)

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar