Jalan Srumbung Rusak Parah, Sopir Truk Inisiatif Memperbaiki

sopir truck
PERBAIKAN. Sopir truk melakukan perbaikan jalan jalur evakuasi Bulu Srumbung yang sudah dalam kondisi rusak sejak tiga tahun lalu.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Kondisi jalan Bulu, Srumbung yang juga sebagai jalur evakuasi bencana Merapi, rusak sejak tiga tahun lalu. Jalan tersebut sempat viral di media sosial, saat hujan deras, jalanannya seperti sungai.

Hal itu mengundang keprihatinan dari pengemudi truk. Mereka memperbaikinya, Senin (23/12). Dengan lebih dari 20 truk bermuatan materal bantak (batu kecil-kecil) disediakan swadaya oleh mereka sendiri.

Seratus lebih pengemudi sopir truk yang tergabung dalam Komunitas Truk Dyna Dutro Mania Indonesia (DDMI) Cabang Magelang berkumpul di area Pasar Srumbung. Selanjutnya mereka dibagi di sepanjang jalan sejauh 5 km untuk menambal lubang-lubang di jalur evakuasi tersebut.

Korwil DDMI Magelang, Evin Susanto mengatakan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap jalur evakuasi sekaligus jalur mencari rejeki kami.

Baca Juga
Tertimbun Tanah Longsor, Seorang Pendaki asal Semarang Tewas di Gunung Sumbing

“Jadi istilahnya kami juga peran tanggung jawab terhadap jalan ini karena tidak sedikit merusak juga truk kami yang melintas. Ini inisiatif kami, agar jalan sedikit baik dan layak untuk dilewati kami truk dan warga,” ucap Evin.

Evin menyebutkan, total Rp 80 ribu setiap truk melintas di empat TPR yang terlewati. Termasuk juga TPR yang di Pare Blondo, dan dari pihak penambang juga membayar retribusi jalan sendiri.

Evin menambahkan, meskipun demikian seharusnya ini tanggung jawab Pemerintah Daerah, karena status jalan adalah kabupaten.

“Saya berharap Pemerintah juga mengerti dengan kondisi jalan seperti ini agar segera diperbaiki, karena kami juga sudah tertib membayar retribusi jalan,” harapannya.(cha).

Artikel Menarik Lainnya :  Penerbitkan Izin Tambang di Eks Dusun Ngori Wilayah Merapi Tak Benar