Lagi, Unikal Kirim Mahasiswanya ke Kampus LN

BERFOTO – Rektor Unikal Suryani MHum beserta jajarannya berfoto bersama mahasiswa terpilih Gamal Kevin Alega serta mahasiswa UBD usai acara pisah sambut di Unikal.
BERFOTO – Rektor Unikal Suryani MHum beserta jajarannya berfoto bersama mahasiswa terpilih Gamal Kevin Alega serta mahasiswa UBD usai acara pisah sambut di Unikal.

MAGELANGEKSPRES.COM,KOTA – Universitas Pekalongan (Unikal) kembali menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan reputasi kampusnya di tingkat internasional. Yang terbaru, mereka mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti program transfer kredit di Universiti Brunei Darussalam (UBD) selama satu semester.

Demikian disampaikan Kepala Internasional Office Unikal Dwi Agustin, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Kamis (19/12). Adapun mahasiswa tersebut yakni atas nama Gamal Kevin Alega, mahasiswa semester 5 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Unikal. “Gamal merupakan putra pertama dari Bapak Sidqon dan Ibu Leila Istianna yang beralamat di Sapugarut, Buaran Kota Pekalongan,”ungkap Agustin, sapaan akrabnya.

Pelepasan Gamal sebelum keberangkatan ke Brunei telah dilaksanakan pada Rabu, 18 Desember 2019 di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung F Unikal. Pada pelepasan tersebut, orang tua Gamal juga diundang secara resmi oleh Rektor Unikal
Bersamaan dengan acara pelepasan yang diselenggarakan hari Rabu 18 Desember 2109, Unikal juga menggelar penyambutan bagi 6 mahasiswa UBD yang mengikuti program pertukaran pelajar di Unikal selama 1 semester.

“Acara ini Rektor dan wakil Rektor Unikal lebih memberikan arahan kepada Gamal dan mahasiswa UBD untuk dapat melaksanakan semua program pertukaran dengan sebaik- baiknya. Karena kesempatan ini tidak semua bisa merasakan,”imbuhnya.

Program pertukaran pelajar semacam ini sudah dilakukan UNIKAL selama lebih dari 5 tahun dengan menggandeng Universitas mitra di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Brunei, Thailand dan Vietnam. Kerjasama baru juga sudah dirintis dengan Taiwan.

“Ini adalah upaya nyata Unikal sebagai kampus kreatif untuk meningkatkan mutu pendidikan dan reputasi kampus di tingkat internasional,”terang Agustin.

Adanya program pertukaran pelajar ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu dan mendapat pengalaman kuliah di luar negeri secara gratis, karena Unikal memberikan beasiswa penuh dalam program tersebut.
“Kesempatan mengikuti program pertukaran juga terbuka luas untuk semua mahasiswa yang kuliah di Unikal, namun memang ada tahap seleksi yang harus dilalui,”ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar

Sebelumnya, UNIKAL telah mengirimkan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Fakultas Ekonomi untuk magang di Vietnam. Adapun yang telah dikirim ke Brunei sebelumnya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, Akuntansi, Keperawatan dan Teknologi Batik.(mal).