Stadion Moch Soebroto  Bakal Digunakan Laga Piala ASIA U-18

INTERNASIONAL. Stadion Moch Soebroto yang berada di kompleks Gelora Sanden, Magelang Utara, digadang menjadi lokasi pertandingan sepakbola antarnegara se-ASIA U-18 tahun 2020 mendatang.
INTERNASIONAL. Stadion Moch Soebroto yang berada di kompleks Gelora Sanden, Magelang Utara, digadang menjadi lokasi pertandingan sepakbola antarnegara se-ASIA U-18 tahun 2020 mendatang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG UTARA – Pemkot Magelang terus berupaya agar Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang bisa dijadikan lokasi helatan Piala Asia Sepakbola U-18 pada tahun 2020 mendatang. Sejauh ini, musyawarah terus dilakukan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

”Stadion Moch Soebroto sudah memenuhi standard internasional. Kita sejauh ini terus melakukan lobby-lobby dengan Kemenpora, dan mendapat lampu hijau,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Joko Soeparno, kemarin.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan Stadion Moch Soebroto dijadikan opsi utama perhelatan sepakbola paling akbar di tingkat ASIA tersebut, untuk usia di bawah 18 tahun.

”Kami harap dengan Stadion Moch Soebroto menjadi tempat beberapa pertandingan negara-negara se-ASIA itu akan membangkitkan persepakbola lokal. Ini juga untuk memancing prestasi sepakbola di Kota Magelang,” ujarnya.

Baca Juga
Bocah Berusia 3,5 Tahun di Wonosobo yang Hilang Diduga Hanyut

Joko menjelaskan, jika tidak berubah, ajang Piala ASIA akan dimulai pada bulan Juni 2020 mendatang. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Kota Sejuta Bunga apabila dipercaya sebagai tuan rumah. Terlebih lagi, tahun 2020 Kota Magelang bersamaan tengah mengadakan event akbar Magelang Moncer Serius.

”Ini kesempatan bagus bagi kita. Untuk itu saya harapkan semua elemen dapat bersatu padu, memberikan layanan terbaik, karena tamu-tamu yang datang sebagiannya adalah orang luar negeri,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono menuturkan, Stadion Moch Soebroto saat ini sudah menjelma menjadi stadion berstandar internasional. Kendati beberapa penambahan fasilitas masih harus dikerjakan.

Satu hal yang tengah diusulkan adalah pembangunan tribun di sisi utara. Selain itu, pembangunan jalan lingkar stadion sehingga seluruh jalan di luar stadion pun dapat terhubung.

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Kasus Covid-19 di Kota Magelang Terus Bertambah

Ia menjelaskan, usulan sudah dikirimkan agar pembangunan mendapatkan dana dari ABPN maupun APBD Provinsi Jawa Tengah tahun ini. Diperkirakan untuk membangun tribun utara ini membutuhkan dana Rp25 miliar.

Baca Juga
Polres Magelang Musnahkan 4.027 Botol Miras

”Anggaran tersebut cukup besar, sehingga tidak realistis kalau berasal dari APBD Kota Magelang. Kami merasa perlu untuk mencari sumber pendanaan dari pihak lain, seperti dari Kementerian Pemuda dan Olahraga maupun Pemprov Jawa Tengah,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla menambahkan, Stadion Moch Soebroto sendiri mulai dibangun dari tahun 2008. Selanjutnya, pembangunan dilakukan secara berkesinambungan dan bertahap.

”Dari lapangan, kemudian dinding penahan tanah, lalu pembangunan tribun barat, timur, dan selatan. Tribun selatan dibangun pada tahun 2016. Tahun sebelumnya tahun 2015, kami membangun atap tribun timur, dan lintasan atletik,” katanya.

Ketiga tribun yang sudah difungsikan, sehingga hanya menyisakan satu tribun lagi yang ada di sebelah utara, atau tribun utara. Tribun tersebut direncanakan mampu menampung sekitar 6.000 penonton. Secara keseluruhan, Stadion Moch Soebroto nantinya bisa menampung sekitar 24.000 ribu penonton.

”Pembangunan rencana dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Pembangunan tribun utara nanti akan dilengkapi dengan bangku penonton, termasuk kursi VVIP, serta seluruh fasilitas yang ada di dalam tribun,” imbuhnya. (wid)