Sajikan Laporan Menarik, KPU Kota Magelang Luncurkan Buku Grafis

LAUNCHING. Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron bersama komisioner lainnya, meluncurkan buku berjudul
LAUNCHING. Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron bersama komisioner lainnya, meluncurkan buku berjudul "Pemilu 2019 Kota Magelang dalam Angka” di kantor setempat,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Rekam jejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang diwujudkan dalam bentuk buku. Laporan dengan judul ”Pemilu 2019 Kota Magelang dalam Angka” itu menjadi paparan data dan tahapan awal pemilu hingga tuntas berbentuk simbol, angka, dan grafik.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengatakan alasannya membuat buku dengan konten grafis ini untuk memudahkan para pembacanya. Menurutnya, bahasa simbol dan lambang akan mudah dimengerti dan terkesan lebih menarik.

”Ketimbang kita memaparkan data-data dalam bentuk kolom saja, cenderung menjadi tidak enak dibaca dan membosankan. Jadi kita buat yang menarik, supaya mereka tertarik dulu untuk membaca,” kata Basmar kepada wartawan, Jumat (20/12).

Baca Juga
Jelang Nataru, Tenant Artos Mall Magelang Berikan Diskon 10 %-80 %

Didampingi keempat komisioner KPU Kota Magelang dan Sekretaris KPU Kota Magelang Ira Wahyu, Basmar menambahkan dalam buku ini juga disematkan tahapan panjang selama pesta demokrasi tahun 2019. Ia menjelaskan bahwa persiapan Pemilu 2019 sudah ada sejak 2018 sialm.

”Kita tuangkan semuanya, dari proses pendaftaran, saat peserta Pemilu menyerahkan dukungan hingga masa perbaikan, berapa yang tidak memenuhi syarat maupun lainnya, termasuk hingga penetapan pemenang Pemilu. Semua bisa dilihat di buku beserta kualitas dan kuantitasnya,” tandasnya.

Basmar menyebutkan, buku ini akan langsung didistribusikan stake holders terkait. Meliputi para peserta pemilu, Pemkot Magelang, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan elemen lainnya.

”Untuk masyarakat bisa mengakses di website KPU Kota Magelang,” jelasnya.

Menurut Basmar, pembuatan dan penyusunan buku ini dinilai sebagai langkah awal bahwa nantinya di setiap penyelenggaraan akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kinerja dalam bentuk buku yang mudah dipahami masyarakat.

”Kinerja bukan berbentuk laporan, tetapi dalam bentuk buku,” katanya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Kota Magelang Raih UHC Tertinggi, Aziz : Bukan Karena Walikotanya