Antisipasi Gerakan Intoleran, Wakapolres Wonosobo Minta Perkuat Deteksi Dini

Antisipasi
OPERASI. Polres Wonosobo gelar apel pasukan Operasi Lilin Candi 2019 di Alun-alun Kabupaten Wonosobo

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO–   Polres Wonosobo gelar apel pasukan Operasi Lilin Candi 2019 di Alun-alun Kabupaten Wonosobo, kemarin. Apel tersebut memantau  kesiapsiagaan personel serta pengecekan sarana dan prasarana pengamanan.

“Operasi Lilin Candi 2019 untuk mengantisipasi potensi kerawanan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta  memperkuat soliditas para pemangku kepentingan di wonosobo,”  Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah.

Menurutnya, dengan menjaga  soliditas dan sinergitas antara pemangku kepentingan, maka situasi kemana dan ketertiban di daerah akan mampu dipertahankan, bahkan semakin kuat. Dalam menjalankan operasi ini, pihaknya juga menggandeng TNI, Satpol, ormas dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga
Gelar Senam Bersama, Ketua Guru TK se-Kabupaten Magelang Kupas PGRI

“Itu menjadi kunci utama yang harus dipelihara dan ditingkatkan,” imbuhnya.

Kompol Sopanah menambahkan, operasi ini untuk menginventarisir potensi kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat. Serta mencegah aksi terorisme maupun sweeping ormas dan aksi intoleransi.

Dijelaskan kejahatan konvensional seperti pencurian biasanya akan meningkat karena adanya perpindahan orang, pada saat libur nataru. Bahkan libur sekolah sudah dimulai sejak dua hari lalu, sehingga memungkinkan aktivits sektor wisata meningkat. Sedangkan untuk terorisme, dan gerakan intolerasn sudah dilakukan upaya deteksi dini di masing masing wilayah.

“Kita percaya bahwa melihat Wonosobo sejauh ini masih sangat kondusif. Bahkan tolerasi antar umat beraga sangat baik. Ini yang perlu dipertahankan, namun jika muncul gerakan intoleran, tentu saja kita ambil tindakan,” tandasnya.

Selain itu, operasi lilin 2019 juga bertujuan menjamin ketersediaan dan stabilitas pangan. Serta menjaga kelancaran arus lalu lintas. Bukan itu saja, perlu pula penegakan aturan terkait tempat hiburan dan penjualan minuman beralkohol. Ini harus dilakukan bersama pemerintah daerah setempat.

Artikel Menarik Lainnya :  Pengawasan Inspektorat Pemda Harus Tegas dan Lebih Dini

“Kita berharap libur Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan aman dan nyaman, sehingga kunjungan wisatawan meningkat, penilaian investor juga semakin membaik, sehingga berdampak pada tumbuhnya sektor ekonomi daerah,” pungkasnya. (gus)