Kementrian Perhubungan Gelar Ramp Check, Kendaraan Layak Jalan Ditandai Stiker

Stiker
CEK. Demi menjamin keselamatan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan bersama Dinas Perkimhub dan jajaran unsur terkait dari Polres Wonosobo menggelar ramp check di Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo,

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Keselamatan penumpang menjadi prioritas dalam persiapan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Kabupaten Wonosobo. Demi menjamin keselamatan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan bersama Dinas Perkimhub dan jajaran unsur terkait dari Polres Wonosobo menggelar ramp check di Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo, Kamis (19/12).

Kepala terminal Tipe A Mendolo, Suyono menjelaskan, langkah melakukan cek secara menyeluruh terhadap kelayakan kendaraan (ramp check) merupakan amanah undang-undang yang harus dilaksanakan.

“Menjelang masa libur hari raya Natal dan pergantian tahun tentu akan meningkatkan jumlah arus kendaraan angkutan umum yang melintas di Wonosobo,” tutur Suyono.

Menurutnya,  sudah menjadi agenda rutin di masa-masa menjelang liburan, pihak terminal melakukan upaya antisipasi terhadap gangguan terhadap kelancaran arus lalulintas. Sehingga, persiapan juga lebih matang dari waktu ke waktu.

“Sejumlah hal terkait kesiapan kendaraan angkutan umum, seperti kondisi rem, kondisi lampu-lampu, hingga kesiapan surat-surat izin pengemudi, menjadi sasaran pemeriksaan tim ramp check,” ujarnya.

Baca juga
Polres Wonosobo Musnahkan 1.233 Botol Miras Hasil Operasi Miras

Dari sejumlah kendaraan angkutan berupa bus antar Kota Antar Provinsi yang tengah berada di Terminal A Mendolo, Suyono menyebut masih ada yang kurang standar, seperti lampu untuk penerangan ketika mundur tidak menyala dan langsung diberikan peringatan untuk perbaikan.

“Kondisi pengemudi juga kita minta agar senantiasa menjaga kesehatan sehingga mereka benar-benar siap ketika mesti mengemudi jarak jauh,” lanjutnya.

Bagi angkutan umum yang telah memenuhi kriteria kelayakan, pihaknya mengaku tim telah menyiapkan stiker khusus tanda kelaikan jalan yang ditempel di kaca bagian depan kendaraan.

Sementar itu, Kanit Dikyasa lalu lintas Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo, Iptu   Bambang yang juga turut serta dalam gelar ramp check tersebut menambahkan, kesiapan pihak kepolisian dalam menyambut nataru masuk dalam rangkaian Operasi Lilin Candi 2019.

Artikel Menarik Lainnya :  DLH Wonosobo Dalami Kasus Pembuangan Sampah ke Sungai

Selain memastikan kelaikan kendaraan dan kondisi pengemudi beserta kelengkapan surat-surat izinnya, pihak kepolisian juga melaksanakan kegiatan pengamanan rutin di sejumlah objek wisata, serta rekayasa lalu lintas di jalan-jalan utama akses pariwisata.

“Sasaran utama dari operasi pengamanan ini adalah keselamatan dan kenyamanan warga maupun para pengunjung dan wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo serta para penumpang kendaraan selama melintas di wilayah Wonosobo,” tandasnya. (gus)