Karya Mahasiswa Untidar Dipamerkan Dalam Mechatronics Expo 2019

Karya Mahasiswa Untidar Dipanerkan Dalam Mechatronics Expo 2019
Karya Mahasiswa Untidar Dipanerkan Dalam Mechatronics Expo 2019

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG UTARA-Sedikitnya ada 17 karya mahasiswa Teknik Mesin Untidar angkatan 2016  dipamerkan Mechatronics Expo 2019, Kamis (19/12)di lobi Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Berbagai karya mahasiswa seperti Surrender Project Production, Arm Robot, tempat sampah otomatis, tongkat tuna netra, alat ukur digital motor bakar, smart home, palang pintu otomatis, dan lain-lain.

Pameran ini merupakan rangkaian dari tugas akhir mata kuliah Mekatronika yang diampu oleh Ikhwan Taufik, SPd MEng. “Di akhir perkuliahan, mahasiswa sengaja ditugasi untuk membuat prototipe yang di dalamnya harus mengandung prinsip-prinsip mekatronika yaitu mekanika, elektronika, dan informatika,” tuturnya

Walaupun terbilang acara kecil, harapannya acara semacam ini tetap bermakna dan meriah. Karena, acara ini ternyata juga dimeriahkan oleh Band Akustik dari Teknik Mesin yang sudah tidak asing lagi, yaitu Chaintone.

“Jadi, belajar di mata kuliah Mekatronika tidak melulu teori di kelas saja. Apalagi di Era Revolusi Industri 4.0 yang serba mudah seperti sekarang ini, belajar bisa di mana saja dan kapan saja,” ujar dosen pengampu yang akrab disapa Taufik ini.

Didi Muno Irawan, Ketua Angkatan Teknik Mesin 2016 berharap acara ini bisa menjadi acara rutin tahunan. Karena acara ini dapat memantik kreativitas mahasiswa untuk mengembangkan teknologi. “Sudah waktunya Mahasiswa Mesin Untidar menunjukan karyanya. Apalagi saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menuntut perkembangan teknologi yang serba otomatis,”tandasnya. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Layanan Akta Kelahiran Di Kota Magelang Masuk Nominasi Juara Nasional