SMPN 1 Magelang Hadirkan Kelas Inspiratif Ssat Jeda Semester

SMPN 1 Magelang Hadirkan Kelas Inspiratif Ssat Jeda Semester
SMPN 1 Magelang Hadirkan Kelas Inspiratif Ssat Jeda Semester

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG TENGAH-Menutup akhir semester gasal ini, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Magelang setelah perserta didik mengerjakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Pada minggu pertama Desember ini diisi dengan kegiatan Classmeeting.

Kegiatan Classmeeting ini adalah salah satu agenda OSIS yang selalu ditunggu oleh peserta didik, setelah tes semester.

Kepala SMPN 1 Magelang, Nurwiyono mengungkapkan melalui classmeeting dengan berbagai lomba seperti, volly ball, membawa air di gelas plastik menggunakan tali rafia yang dibawa oleh 6 anak, sangat seru, perang air, lomba kebersihan kelas, naik gapyak bertiga, dll yang membuat peserta didik gembira dan melepaskan ketegangan belajar dan tes.

“Di sela-sela Classmeeting, dilaksanakan 2 kegiatan hari ini yaitu Sosialisasi penggunaan/Etika menggunakan Medsos untuk remaja, oleh dosen FISIP dari Universitas Tidar Magelang diikuti kelas 8, di Aula sekolah,”katanya.

Ternyata banyak hal menarik yang selama ini kita tidak tahu, bagaimana memposting foto teman tanpa seijin yang bersangkutan, peserta didik sangat antusias mendengarkan sosialisasi tersebut.

Baca Juga
Pemkot Magelang Raih Road Safety Award 2019

Kemudian kegiatan kedua adalah Kelas Inspiratif dilaksanakan di kelas masing-masing dengan narasumber dari orangtua peserta didik /pakar yang diundang oleh Pengurus Forum Komunikasi Orangtua (FKOT). Kelas 7, melaksanakan Kelas Inspiratif pk 08.00 – 10.00 bersamaan dengan kelas 9. Untuk kelas 8. Dilaksanakan pk 10. 15.- 11.45 wib. “Ini merupakan progran baru sekolah yang bertujuan agar dapat memotivasi peserta didik dalam hal belajar atau untuk masa depan mereka. Banyak tantangan untuk mereka saat melanjutkan sekolah  serta saat mereka kelak bekerja sesuai talenta mereka. Melalui Kelas Inspiratif, mereka diajak berwawasan luas dan lebih mengenali dan menyintai negeri tercinta NKRI

Artikel Menarik Lainnya :  10 Mahasiswa Fakultas Teknik Positif Covid-19, Untidar Larang Semua Kegiatan di Dalam dan Luar Kampus

Secara teknis program ini adalah salah satu  Program unggulan Bidang Humas,”terang Kepala Sekolah.

Kelas Inspiratif melibatkan Sekolah, Komite Sekolah melalui Pengurus Komite yang menggunakan Anggaran Komite, dan ada dalam RAPBS tahun 2019/2020. Kegiatan Kelas Inspiratif, melibatkan FKOT dan disekolah dibantu oleh Wali kelas. “Beberapa waktu lalu sekolah mengundang  perwakilan FKOT, 2 orang per kelas untuk menyampaikan rencana program serta memberikan data Narasumber melalui wali kelas ke Tim Humas. Dari data yang masuk, ada berbagai Profesi Ortusis sesuai bidang keahlian masing masing,”tambah Humas SMPN 1 Magelang, Rahayu Sri Hastuti.

Yayuk begitu nama sapaannya mencontohkan kelas 9 A, Dr Tatang ahli penyakit dalam, memberikan informasi tentang bagaimana merawat organ dalam dan penyakit yang timbul serta mencegahnya melalui pola hidup sehat sehingga tidak akan mengganggu kesehatan peserta didik yang berdampak menurunnya prestasi belajar. Sementara di kelas 9 H, dikenalkan tentang Wayang, tokoh tokohnya serta teladan yang bisa ditiru dalam keseharian: di kelas 7, diputarkan film tentang menjadi Taruna, agar anak anak memiliki wawasan kebangsaan menjadi Calon Pemimpin Bangsa di masa depan dengan mengutamakan Nilai Kejujuran dan Disiplin: kelas 8 A, dengan Narasumber Polwan, memberikan etika pergaulan remaja dan beberapa kejadian di kota Magelang terkait dengan kerawanan bila tidak patuh terhadap orangtua dan guru. “Yang menarik, di akhir kegiatan Kelas Inspiratif kelas 7F, mereka diajak keluar di halaman upacara dengan memegang balon yang sudah direkatkan kertas kecil berisi mimpi dan harapan mereka dimasa depan,  yang akhirnya di lepas ke udara dan tebang ke udara, itulah gambaran tentang Mimpi mereka setinggi dan seluas langit tak terbatas,”paparnya.

Masih banyak yang lain, ujar Yayuk, ada 24 kelas dimana setiap kelas berbeda materi, mengenalkan jiwa wirausaha, kesehatan,  etika pergaulan, menjadi seorang taruna/TNI/Polri,   budaya Jawa/wayang dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :  Gagal Pertahankan Zona Hijau, Kelurahan Wates Magelang Utara Tetap Dapat Penghargaan

Baca Juga
Gelar Media Gathering, KPU Kota Magelang Minta Wartawan Mengevaluasi Pelaksaan Pemilu 2019

“Kegiatan Kelas Inspiratif, dilaksanakan 2 kali/ tahun, semoga kegiatan  bagus ini dilaksanakan lebih baik lagi di semester genap yang bisa dilaksanakan di luar kelas /outdoor learning melalui kelas tutorial di lapangan,”ungkapnya.

Sementara itu, Ardelia Faustin kelas 7F memgungkapkan narasumber yang dihadirkan di kelasnya merupakan seorang kontraktor yang dibesarkan dari keluarga kurang mampu karena kegigihannya maka dapat menjadi kontraktor yang sukses. “Dikelas inspiratif ini kami disampaikan jika ingin sukses masa depan.harus tekun belajar dan tidak mudah menyerah,”kata siswa yamg memiliki cita-cita sebagai dokter ini,”tandasnya. (hen)