Pemkot Magelang Raih Road Safety Award 2019

IRSA. Penghargaan IRSA diberikan Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Ikhwan Hakim kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito di Shangrila Hotel Jakarta, belum lama ini.
IRSA. Penghargaan IRSA diberikan Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Ikhwan Hakim kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito di Shangrila Hotel Jakarta, belum lama ini.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Di penghujung tahun 2019, Pemkot Magelang kembali menerima penghargaan. Kali ini apresiasi datang dari Adira Insurance dan Majalah SWA yang didukung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kota Sejuta Bunga dinilai perfeksionis dalam hal penerapan program-program keselamatan di jalan raya, sehingga mendapat anugerah Indonesian Road Safety Award (IRSA) 2019.

Penghargaan diberikan Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Ikhwan Hakim kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito dalam rangkaian kegiatan Indonesia Road Safety Award, di Shangrila Hotel Jakarta, belum lama ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Suryantoro, menjelaskan IRSA 2019 merupakan apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi yang telah menerapkan tata kelola keselamatan jalan.

Baca juga
Gelar Media Gathering, KPU Kota Magelang Minta Wartawan Mengevaluasi Pelaksaan Pemilu 2019

Menurutnya, ada lima pilar yang menjadi acuan pemberian penghargaan ini, antara lain Manajemen keselamatan jalan (Safer Management), Jalan yang berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan (Safer User), dan Penanganan pra dan pasca kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)

”Kota Magelang mendapat penghargaan pada 2 pilar, yaitu pilar kendaraan yang berkeselamatan dan pilar perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan,” kata Suryantoro, saat kepada wartawan, Rabu (18/12).

Dia menjelaskan, dalam penghargaan ini Kota Magelang masuk kategori Kota dengan Kepadatan Penduduk Tinggi, bersaing dengan Kota Depok, Kota Bogor, dan Kota Bukittinggi

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito, mengungkapkan semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah agar senantiasa bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya.

”Sejauh ini kita sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, apalagi kaitannya dengan keselamatan di jalan raya. Fasilitas kita lengkapi, mulai rambu, infrastruktur, dan kelengkapan lainnya. Ini agar masyarakat kita nyaman saat berkendara, aktivitas lancar, kecelakaan bisa dihindari,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Kota Magelang Raih UHC Tertinggi, Aziz : Bukan Karena Walikotanya

Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Ikhwan Hakim, mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berpartisipasi dalam IRSA 2019 dan berupaya meningkatkan keselamatan jalan di Indonesia.

Menurutnya, keselamatan di jalan harus dilihat sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) mengingat kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian manusia nomor 2 setelah penyakit stroke dengan korban jiwa hampir 30.000 orang per tahun.

Baca Juga
Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Turun 0,56 %, Dari 11,23 % jadi 10,67 %

”Kecelakaan lalu lintas berdampak pada kualitas dan produktifitas SDM, karena 77 persen korban meninggal dunia akibat kecelakaan berada pada usia produktif dan pencari nafkah,” paparnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, keselamatan jalan harus menjadi bagian terpadu dari pembangunan infrastruktur. Selain itu, perlu adanya keterlibatan pihak swasta dan pihak lain untuk sistem infrastruktur jalan yang berkeselamatan.

Pihaknya berharap IRSA 2019 ini dapat menjadi ajang berkompetisi yang sehat antar daerah, menjadi forum koordinasi dan saling belajar, serta menjadi bagian terpadu dari keseluruhan rencana aksi dalam mendorong peningkatan kinerja berkeselamatan jalan yang lebih baik. (wid)