Lampaui Target, Bulan Dana PMI di Purworejo Terhimpun Rp1,05 M

Bulan Dana PMI Himpun Rp1,05 Miliar
PENYERAHAN. Dandim selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI 2019 menyerahkan secara simbolik hasil Bulan Dana PMI kepada Wabup Purworejo dan diteruskan kepada pengurus PMI di Ruang Arahiwang,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Penyelenggaraan Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo Tahun 2019 berhasil menghimpun sumbangan sukarela sebesar Rp1.048.011.521. Jumlah tersebut melampaui 17 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp900 juta.

Penutupan dan Penyerahan Hasil Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo 2019 berlangsung di Ruang Arahiwang Kompleks Kantor Bupati Purworejo, Rabu (18/12). Penyerahan secara simbolik dilakukan oleh Dandim 0708 Purworejo selaku Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo 2019, Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi, kepada Wakil Bupati Purworejo yang juga Ketua PMI Kabupaten Purworejo, Yuli Hastuti SH, dan diteruskan kepada perwakilan pengurus PMI Purworejo.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain perwakilan Polres, para kepala OPD, camat, pengurus PMI Purworejo, serta sejumlah pimpinan BUMD.

Baca juga
Potensi Laut di Purworejo Belum Digarap Serius

Letkol Inf Muchlis Gasim dalam laporannya menyebutkan bahwa pendapatan yang diterima berupa sumbangan dari dinas/instansi dan masyarakat mencapai Rp1.129.867.665. Ditambah bunga giro bank Rp1.208.856, maka pendapatan kotor sebesar Rp1.131.078.521. Setelah dikurangi biaya operasional Rp82.250.000 dan saldo rekening yang harus ditinggal di bank Rp815.000, hasil bersih sebesar Rp1.048.011.521.

Perolehan dana tersebut selanjutnya dialokasikan untuk Sumbangan Wajib Bulan Dana (SWBD) ke PMI Provinsi Jateng sebesar 10 persen, yakni Rp104.801.152. Untuk PMI Kabupaten Purworejo sebesar 943.210.369.

“Pemanfaatan dana akan digunakan untuk belanja rutin, biaya program dan kegiatan, serta modal kerja PMI tahun 2020,” sebutnya.

Dandim Gasim menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas partisipasi masyarakat Kabupaten Purworejo yang telah ikhlas memberikan bantuan, baik berupa material maupun spiritual, sehingga Bulan Dana PMI 2019 dapat terselenggara sukses dengan hasil yang memuaskan. Bahkan, melebihi target sebesar 17 persen dari yang ditentukan.

Artikel Menarik Lainnya :  Kader PKK Kabupaten Purworejo Dilatih Tertib Administrasi

“Ini untuk yang kedua kali saya menjadi ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo. Suksesnya penyelenggaraan Bulan Dana PMI ini menjadi cermin tingginya kepedulian masyarakat Purworejo,” ungkapnya.

Baca Juga
SMPN 8 Purworejo Gelar Expo Kuliner, Ajak Siswa Produktif, Hindarkan dari Perilaku Konsumtif

“Mudah-mudahan bantuan Bapak Ibu akan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Perlu kami laporkan disini bahwa untuk akuntabilitas dan transparansi kepada semua bidang, akan disampaikan rekapitulasi Hasil Bulan Dana PMI Tahun 2019 Kabupaten Purworejo,” imbuhnya.

Wakil Bupati Yuli Hastuti menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan Bulan Dana PMI. Apresiasi juga diberikan kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras.

Dalam kesempatan itu, Yuli Hastuti secara simbolik juga menyerahkan bantuan hibah dari Pemkab Purworejo tahun 2019 berupa 2 unit perahu karet dan perlengkapannya kepada PMI Purworejo.

Disisi lain pihaknya mengingatkan bahwa dana yang diperoleh dari hasil Bulan Dana PMI berasal dari masyarakat dan digunakan untuk masyarakat. Seiring dengan tuntutan reformasi yang menginginkan keterbukaan, transparansi, pengawasan dan pertanggungjawaban publik, maka penggunaan dana tersebut harus dipertanggungjawabkan dan dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Melalui laporan tersebut, selain masyarakat mengetahui secara jelas pelaksanaan program kerja berikut penerimaan dan penggunaan dana PMI yang telah disumbangkan, juga memberikan kesempatan untuk melakukan pengawasan dan memberikan masukan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan PMI di masa mendatang,” tegasnya. (top)