Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Turun 0,56 %, Dari 11,23 % jadi 10,67 %

angka kemiskinan
RAKOR. Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Magelang, dalam upaya Pemkab Magelang tekan angka kemiskinan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, terkait angka kemiskinan menurut data laporan bahwa ditahun 2018 Kabupaten Magelang pada posisi 11,23 %  dan pada tahun 2019 pada posisi 10,67 %. “Artinya turun sekitar 0,56 %, tentunya turunnya ini tidak sekedar turun saja. Ini karena berkat kerja keras  semua komponen di bawah pimpinan Bapak Wakil Bupati beserta  timnya sampai ke bawah ditingkat desa, namun demikian tantangan kita di masa depan masih cukup tinggi dan luar biasa,” ucap Zaenal dalam kegiatan, Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Magelang telah diselenggarakan di ruang  serbaguna Rumah makan Progosari Srowol Muntilan, Rabu (18/12).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Magelang diikuti oleh semua kepala SKPD, camat, dan perwakilan kepala desa se Kabupaten Magelang.

Bupati mengatakan, walaupun Magelang masih mengalami trend positif tetapi menurut  TPS di Provinsi Jawa Tengah, Magelang masih pada posisi di angka 20, hanya dua strip di atas garis merah.

Baca Juga
Bea Cukai Magelang Ungkap 43 Kasus, Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

“Magelang masih bersanding dengan Kabupaten Cilacap dan juga Kabupaten Wonogiri. Sehingga ini membutuhkan ekstra energi untuk bagaimana kita menekan angka kemiskinan ke depan. Tentunya ini membutuhkan sinergitas dari semua lini,” tandas Zaenal.

Zaenal mengatakan, semua pihak para stake holder dapad mewujudkan menekan angka kemiskinan, seperti yang tertuang pada RPJMD Kabupaten Magelang, sebesar 6,83 %  sampai7,83 %.

“Sata percaya bahwa Pak Wakil Bupati terus keliling pada tiap tiap kecamatan untuk memastikan bahwa kita setiap tahun bisa turun di angka 1 %.  Kita berharap akan dukungan dari semua pihak dan elemen untuk bagaimana kita bisa menurunkan angka kemiskinan tersebut sehingga kita dapat berada pada posisi sesuai dengan apa yang kita idam idamkan yakni sesuai dengan RPJMD dan visi dan misi  maju berdaya saing dan amanah,” tandas Zaenal.

Artikel Menarik Lainnya :  Diperiksa hampir 9 Jam, Azis Syamsuddin Pilih Tutup Mulut

Baca Juga
PLN UP3 Magelang Tak akan Melakukan Pemadaman Listrik

Disampaikan Wakil Bupati Edi Cahyana yang juga menghadiri acara ini bahwa sudah sunah Allah kemiskinan di dunia ini selalu ada, namun bagai mana kemiskinan ini bisa minimalisir jumlahnya.

“Tentunya dengan kerja keras turun ke masyarakat bawah mendata dan memberikan alternative bantuan yang produktif,” ungkap Edi.

Sebagai pembicara pada rakor ini Ketua Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Drs Sugiyono, M.Si dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Propinsi Jawa Tengah Drs Edi Wahyono, M.Si.(cha)