Petani Diminta Jaga Kualitas, Benih Bawang Putih Temanggung yang Terbaik

TANAM PERDANA. Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Sukarman melakukan penanaman perdana bawang putih di Desa Tuksari Kecamatan Kledung
TANAM PERDANA. Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Sukarman melakukan penanaman perdana bawang putih di Desa Tuksari Kecamatan Kledung

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Petani bawang putih di Temanggung diminta untuk semakin meningkatkan kualitas benih yang dihasilkan, sehingga ke depan benih bawang putih dari Kabupaten Temanggung tetap menjadi benih terbaik di Indonesia.

Menurut Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Sukarman, benih bawang putih hasil tangkaran dari petani di Temanggung sangat diminati oleh petani bawang putih di seluruh negeri ini.

Dia juga mengakui, saat ini benih bawang putih hasil penangkaran petani di Temanggung sudah dijual hingga ke luar pulau Jawa seperti, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan beberapa daerah lainnya.

“Benih bawang putih dari Temanggung sudah terkenal dengan kualitasnya yang bagus, harus semakin ditingkatkan,” pintanya, usai penanaman perdana bawang putih di Desa Tuksari Kecamatan Kledung Selasa (17/12).

Saat ini Temanggung memang menjadi andalan dalam pengembangan benih bawang putih. Temanggung juga merupakan salah satu sentra pengembangan benih bawang putih dan menjadi pemasok hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga
Bea Cukai Magelang Ungkap 43 Kasus, Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

“Temanggung ini sentra bawang putih terbesar. Benih yang dikembangkan di Temanggung jenis lumbu kuning dan lumbu hijau. Temanggung jadi andalan kita, sebagian produksinya untuk benih sepanjang memenuhi persyaratan,” katanya.

Dikatakan, prestasi yang sudah diraih oleh petani di Temanggung ini harus terus didorong, para penangkar bawang putih supaya menjaga kualitas, karena Temanggung memiliki potensi besar untuk menjadi pemasok benih bawang putih di seluruh Indonesia.

“Sekarang benih bawang putih yang dihasilkan sudah sangat bagus. Jangan sampai mencampur benih bawang putih yang siap tanam dengan yang belum ini akan mecederai penangkar benih. Kami dari Ditjen Hortikultura sangat menaruh harapan bahwa Temanggung akan menjadi sentra bawang putih terbesar,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Minim Siswa, Tiga SD di Kabupaten Temanggung Bakal Digabung

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Masrik Amin Zuhdi menambahkan, di akhir tahun 2019 ini petani bawang putih di Temanggung sudah mulai masa tanam. Benih yang ada di Temanggung sekitar 5.500 ton dengan luasan tanam mencapai kurang lebih 1.300 hektar.

“Benih ini sudah mencukupi kebutuhan seluruh Indonesia dalam rangka membangun embrio daerah-daerah produksi bawang putih,” imbuhnya. (set)