Pendopo Keserasian Sosial Lengkapi Fasilitas Pantai Jetis, Purworejo

pantai
Foto: RESMIKAN. Wabup Yuli Hastuti didampingi Forkopimcam meresmikan Pendopo Keserasian Sosial di Pantai Jetis Kecamatan Grabag Purworejo,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Pantai Jetis yang berada di Desa Patutrejo Kecamatan Grabag Kabupaten kini dilengkapi dengan fasilitas baru berupa bangunan pendopo. Keberadaannya tidak hanya menambah megah wajah pantai, melainkan juga berfungsi sebagai sarana pertemuan warga.

Peresmian pendopo dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Selasa (17/12). Hadir antara lain Forkopimcam Grabag dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan bahwa pembangunan fasiltas pendopo Pantai Jetis merupakan bagian dari program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RI. Keberadaannya sangat bermanfaat, khususnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan, mengingat program keserasian sosial mengarah pada kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan dan interaksi sosial antarwarga masyarakat yang dinamis, selaras untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan sejati.

Baca Juga
Talud MI di Purworejo Ambrol, Akses Jalan Kaliwungu Terganggu

“Kita memiliki beragam karakter maupun potensi antara seseorang yang satu dan lainnya, kelompok satu dengan lainnya, antara desa satu dan lainnya, kecamatan satu dan lainnya. Maka keberagaman-keberagaman inilah  yang harus kita syukuri, karena merupakan anugerah tak ternilai,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup berharap, kegiatan Keserasian Sosial di Desa Jetis akan dapat mewujudkan ketahanan sosial di masyarakat dalam mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sosial yang terjadi melalui peran Forum Keserasian Sosial.

“Forum Keserasian Sosial adalah potensi sumber daya desa yang merupakan pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tanggung jawab membangun perdamaian di tingkat desa,” tegasnya.

Pendopo Pantai Jetis berukuran panjang dan lebar 9 meter persegi. Keberadaannya semakin melengkapi fasilitas yang ada sebelumnya seperti taman bunga, spot selfi, serta edukasi praktik pembuatan garam. Ada pula sekitar 30 kios yang siap menyajikan aneka masakan bagi pengunjung. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Covid-19 di Purworejo Naik, Masih Ada Pelangggaran Prokes