Malam Tahun Baru, Alun-alun Purworejo Steril Kendaraan

PAPARAN. Kabag Ops Polres Purworejo Kompol Setyoko memberikan paparan terkait kesiapan pengamanan malam tahun baru saat CVP di Pendopo Kabupaten
PAPARAN. Kabag Ops Polres Purworejo Kompol Setyoko memberikan paparan terkait kesiapan pengamanan malam tahun baru saat CVP di Pendopo Kabupaten

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Car Free Night (CFN) atau bebas dari kendaraan bermotor akan diberlakukan di kawasan Alun-alun Purworejo pada malam tahun baru 2020 mendatang. Hal itu dilakukan kelpolisian untuk mencegah terjadinya kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas.

Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM mengungkapkan, pada perayaan malam tahun baru, setidaknya ada dua tempat yang menjadi pusat keramaian yakni di Alun-alun Purworejo dan Alun-alun Kutoarjo. Di dua lokasi itu diperlukan pengaturan dan rekayasa lalu-lintas untuk mengantisipasi.

“Di kawasan Alun-alun Purworejo akan kami terapkan car free night pada malam pergantian tahun,” ungkap Kapolres saat Forum Komunikasi Dengar Aspirasi Publik di Pendopo Kabupaten Purworejo, akhir pekan kemarin.

Baca Juga
Tahfidz Camp SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo, Dekatkan Anak dengan Alquran

Kabag Ops Polres Purworejo, Kompol Setyoko menjelaskan, CFN malam tahun baru di kawasan Alun-alun Purworejo akan dimulai pukul 17.00. Untuk pelaksanaanya, sejumlah area atau kantung parkir akan disiapkan di seputar kawasan tersebut.

Selain itu, arus lalu-lintas dari arah luar daerah baik dari Jogjakarta, Kebumen, dan Magelang yang menuju dalam kota juga akan dibelokkan melalui jalur-jalur yang telah disiapkan.

Lantaran penutupan kawasan Alun-alun Purworejo dimulai pukul 17.00, lanjut Kompol Setyoko, dimungkinkan masih ada aktivitas masyarakat yang akan menunaikan salat magrib di Masjid Agung di sebelah barat alun-alun menggunakan kendaraan bermotor. Untuk itu, selepas salat maghrib, akan kembali dilakukan sterilisasi kawasan alun-alun dari kendaraan bermotor.

“Setelah kegiatan salat maghrib selesai, kita sama-sama mensterilkan alun-alun. Kendaraan yang masih parkir di seputar alun-alun kita geser ke kantung-kantung parkir,” jelasnya.

terkaiti pengalihan arus lalu-lintas, Kompol Setyoko memaparkan, arus lalu-lintas yang datang dari arah Jogjakarta, khususnya kendaraan berat atau kendaraan besar akan dilewatkan ring road selatan. Kemudian kendaraan kecil yang sudah terlanjur masuk ke dalam kota, di simpang Patung Perjuangan akan dibelokkan ke kiri, lalu di perempatan Koplak dibelokkan ke kanan menuju ke Mranti dan masuk ring road utara.

Artikel Menarik Lainnya :  Keren! Masyarakat Purworejo Bisa Laporkan Jalan Rusak Via Online

Kendaraan dari arah Kebumen yang mau ke Jogja maupun ke Magelang juga disiapkan jalur. Kendaraan yang akan ke Magelang, untuk kendaraan berat atau besar akan dilewatkan ring road barat langsung tembus di pertigaan kolam renang menuju arah Magelang. Sedangkan kendaraan kecil yang sudah terlanjur masuk, di perempatan Koplak akan dibelokkan ke kiri tembus Mranti dan ke arah kolam renang.

“Sedangkan kendaraan yang dari arah Magelang yang akan ke Jogja maupun ke Kebumen, kendaraan besar kita lewatkan ring road utara tembus monumen. Yang ke Jogja meneruskan, yang Kebumen kita belokkan ke kanan. Sedangkan kendaraan kecil yang sudah masuk ke dalam kota akan kita alihkan antara lain melalui jalur Kaligesing,” paparnya.

Baca Juga
Longsor di Wonosobo, Satu Orang Tewas, Dua Luka Serius

Akses-akses jalan menuju ke kawasan Alun-alun Purworejo akan ditutup dan disiapkan sejumlah kantung parkir. Area parkir tersebut antara lain dari simpang Gunakarya sampai pertigaan Kodim, Jalan Kartini dari pertigaan sampai perempatan depan Satlantas, serta depan RS Aisyiyah sampai perempatan Kasda.

“Di titik-titik atau jalur-jalur yang ditutup kami menempatkan personel petugas-petugas pengamanan. Untuk itu kami juga minta bantuan Dishub untuk membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan penutupan ini,” sebutnya.

Kawasan Alun-alun Kutoarjo juga akan diterapkan rekayasa lalu-lintas dengan pengalihan jalur. Arus kendaraan yang dari arah Kebumen akan dibelokkan melewati jalan S Parman menuju arah Bruno dan belok kanan menuju pasar hewan lama. Sementara kendaraan dari arah Jogja tetap dilewatkan jalur utama dari pasar hewan lama sampai ke arah Kebumen.  (top)