Sambutan Hangat Warga dan Komunitas Jelang Moncer Serius 2020

Sambutan Hangat Warga dan Komunitas Jelang Moncer Serius 2020
Sambutan Hangat Warga dan Komunitas Jelang Moncer Serius 2020

MAGELANGEKSPRES.COM,UPAYA Pemkot Magelang menghelat event akbar sepanjang tahun 2020 mendatang, bertajuk Magelang Modern Cerdas Sejahtera dan Religius (Moncer Serius) rupanya didukung banyak pihak. Tak terkecuali masyarakat, komunitas berbagai kalangan, industri kecil dan menengah, usaha kuliner dan sebagainya. Program Ayo ke Magelang bab kedua ini dipastikan menjadi ajang spektakuler dengan kehadirian 40 event sekaliber nasional dan regional.

Pemkot Magelang memang tak main-main berencana menggelar Moncer Serius 2020. Bahkan, keseriusan itu ditunjukan Walikota Magelang, Sigit Wiyonindito dengan menamai Lapangan Tenis di Gelora Sanden, Magelang Utara, dengan nama Lapangan Moncer Serius. Tidak hanya itu, sejumlah sektor pun diminta untuk turut terlibat dalam agenda berbasis pariwisata ini.

”Ini menjadi program dan strategi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Penyelenggaraan event yang sudah ada dan terselenggara secara berkala, dikemas dan dipoles agar lebih menarik dan memenuhi nilai kepantasan. Lalu menciptakan event-event baru, yang secara langsung akan menimbulkan multiplayer effect,” kata Sigit, kemarin.

Baca Juga
Gelar Pesta Rakyat Simpedes, BRI Magelang Serahkan Dana CSR Rp111 Juta

Menurut Sigit, strategi ini penting karena Pemkot Magelang ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisata dengan mendatangkan masyarakat skala nasional dan internasional ke Kota Magelang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan di Kota Magelang tidak hanya sehari saja, tetapi bisa lebih dari itu.

”Saya ingin mengulang Ayo ke Magelang tahun 2015. Saat itu event setahun tapi bisa memancing peningkatan perekonomian rakyat cukup besar. Sekarang ini yang kedua, dan lebih besar dari yang pertama lalu. Saya harapkan, dampaknya ke rakyat pun semakin besar,” ujarnya.

Dia berharap dengan rentetan event strategis dan populer, Ayo ke Magelang sekali lagi mampu menambah daya jual, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Dia juga mengajak semua pihak berbagai komunitas, pegiat seni, UMKM, pedagang, dan semuanya bisa turut menyumbangkan gagasan dan pemikiran, memeriahkan event spektakuler tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :  Ketua DPRD Kota Magelang: Jangan Tutupi Kasus Covid-19

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, menambahkan rangkaian kegiatan tersebut akan memberikan dampak positif secara komperhensif. Terutama terkait potensi pariwisata di Kota Sejuta Bunga.

”Banyak dukungan diberikan kepada Pemkot Magelang terkait rencana Moncer Serius 2020. Dari komunitas musik ada, pusat kuliner, UMKM, pengusaha, masyarakat, dan semuanya sangat antusias dengan rencana Ayo ke Magelang Bab 2 ini,” tuturnya.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang pun mulai ancang-ancang untuk merencanakan event akbar yang nanti akan dibuka bersamaan dengan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Magelang, 31 Desember 2019.

”Pelaku UMKM merupakan komponen yang terlibat untuk keberhasilan Magelang Moncer Serius 2020. Produk-produk unggulan akan dipromosikan,” kata Kepala Bappeda Kota Magelang, Joko Soeparno.

Baca Juga
Kecelakaan Maut di Turunan Rujak Asem Temanggung, Satu MD dan 5 Luka Serius

Joko menjelaskan, Kota Magelang memiliki banyak produk UMKM, mulai dari kuliner, kerajinan, hingga jasa. Kesiapan yang perlu diperhatikan antara lain dari segi kualitas dan kuantitas produk yang nanti akan dijual atau dipromosikan.

”Produk kuliner, misalnya, maka harus diperhatikan betul kebersihannya, higienitasnya, rasanya sampai kemasannya. Termasuk kerajinan juga harus benar-benar berkualitas,” terang Joko.

Hal itu penting karena diprediksi akan banyak wisatawan dari luar daerah yang akan datang ke Kota Magelang. Puluhan kegiatan yang diselenggarakan mulai dari bidang seni, budaya, pariwisata, olahraga, dan sebagainya. (ris/hms)