Ikuti Pelatihan, Tugas Regu Damkar Purworejo Tak Hanya Pemadaman

Tugas Regu Damkar Tak Hanya Pemadaman
KETANGKASAN. Anggota Damkar dibekali skill tali-menali dalam Pelatihan Ketangkasan Regu Damkar Kabupaten Purworejo di Gedung PGRI Purworejo

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Tugas regu pemadam kebakaran (Damkar) tidak sebatas melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran. Banyak tugas lain yang harus dilaksanakan sehingga perlu memiliki bekal skill yang lebih dari sekadar urusan pemadaman.

Kondisi itu disikapi oleh Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo dengan menggelar Pelatihan Regu Damkar di Gedung PGRI Purworejo, Sabtu (14/12). Dalam pelatihan itu, sekitar 39 anggota Damkar dibekali pengetahuan sekaligus skill tali-menali dan lainnya oleh instruktur dari Damkar Kabupaten Magelang yang selama ini dikenal memiliki sarana lebih lengkap dan kemampuan petugas yang mumpuni.

“Tugas Regu Damkar tidak hanya memadamkan api, tapi mereka juga harus memiliki kepekaan,” kata Kasi Damkar Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo, Rubino.

Menurutnya, kemahiran menggunakan tali menjadi salah satu pendukung tugas regu Damkar. Setidaknya saat melakukan tugas pemadaman dan harus memberikan pertolongan, mereka dapat dengan sigap melakukannya.

Baca Juga
Tahfidz Camp SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo, Dekatkan Anak dengan Alquran

“Dari pengetahuan tentang tali itu mereka akan bisa berpikir cepat untuk menolong orang yang ada dalam kondisi tidak menguntungkan. Tali yang dibawa itu bisa digunakan untuk melakukan evakuasi,” jelasnya.

Peningkatan kemampuan ini dinilainya penting mengingat saat ini gerak pembangunan terus berjalan. Imbasnya banyak gedung, baik pemukiman atau perkantoran, yang memiliki  banyak lantai.

“Tanpa ada kemampuan tambahan, petugas tidak akan bisa menguasai lapangan di luar tugasnya saja. Karena menepatkan tali itu juga tidak bisa sembarang,” tegasnya.

Regu Damkar juga kerap mendapat tugas tambahan dari masyarakat saat petugas dari pihak terkait belum datang.  Contohnya, melakukan evakuasi kecelakaan. Beberapa kali kendaraan Damkar juga dipergunakan untuk menarik atau memisahkan dua kendaraan yang dempet karena kecelakaan.

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Pembangunan Bendungan Bener Purworejo Tinggal Putusan

Baca Juga
Puluhan Wartawan se-Kedu Ikuti Kejuaraan Arung Jeram di Purworejo

“Di lapangan, itu tidak bisa ditentukan ini tugasnya siapa. Yang penting kesiapan. Saat harus mengevakuasi orang yang kecelakaan di dalam sumur pun, kami harus mampu. Saat ada kecelakaan lalu lintas pun, kami kerap ikut turun untuk mengantisipasi adanya kebakaran,” imbuhnya.

Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo SSos MSi menyatakan pihaknya memang mendorong agar petugas pemadam kebakaran tidak sebatas memiliki kemampuan memadamkan api. Kemampuan melakukan berbagai tindak pertolongan juga diperlukan saat di lapangan.

“Secara bertahap kita memang fokus untuk terus meningkatkan kemampuan para petugas, baik mengikutsertakan mereka dalam kegiatan pelatihan di luar kota maupun pelatihan internal dengan mengundang ahli dari luar,” ungkapnya. (top)