LPBH NU Temanggung Siap Layani Konsultasi Hukum Gratis

Prioritas Kegiatan Penyuluhan Hukum dan Konsultasi Hukum Gratis
RAKER. LPBH NU melakukan rapat kerja di aula kantor hukum di Madureso Temanggung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Lembaga Penyuluhan Bantuan dan Hukum (LPBH) Nadhlatul Ulama (NU) Kabupaten Temanggung siap melakukan penyuluhan hukum dan memberikan layanan konsultasi hukum kepada masyarakat pada umumnya dan kaum nahdliyin pada khususnya.

Pengurus Cabang NU Yami Blumut, mengatakan, LPBH NU Temanggung sebagai lembaga hukum milik NU harus menjaga nama baik NU, dan bisa membantu masyarakat pada khususnya serta kaum nahdliyin pada khususnya.

“LPBH NU harus bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat, namau baik NU juga wajib dijaga,” pesan Yami saat rapat kerja, kemarin.

Selain itu lanjut Yami, LPBH NU melakukan kegiatan posistif di Temanggung, karena lembaga NU terpenting membantu orang-orang NU Khususnya dan umumnya di luar NU, sehingga lembaga benar-benar berguna bagi masyarakat Temanggung.

Menurutnya, sejauh ini masyarakat masih sangat buta dengan hukum, dengan dibentuk atau dikukuhkannya LPBH NU ini, masyarakat bisa menjadi lebih melek hukum.

“Dikukuhkannya LPBH NU ini untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat tentang hukum pada khususnya, dan wajib bermanfaat bagi semua masyarakat,” katanya.

Baca Juga
Jelang Nataru, Pemkab Temanggung Ajukan Tambahan Kuota Gas Elpiji

Ketua LPBHNU Temanggung, Muhamad Jamal SH MH mengaku siap membawa LPBH NU sebagai ujung tombak bagi NU terutama untuk masalah hukum. Setelah dikukuhkan LPBH NU program kerja yang menjadi prioritas adalah, sosialisasi lembaga, penyuluhan hukum yang sasarannya warga masyarakat di acara pertemuan-pertemuan atau pengajian warga NU, muslimat, fatayat, IPNU-IPPNU, ANSOR, BANSER di tingkat desa atau kecamatan.

Selain penyuluhan hukum, akan mengadakan konsultasi hukum dengan membuka stand dilakukan pada saat acara pengajian rutin di tingkat kecamatan dan bahkan tingkat kabupaten.

“Sosialisasi akan kami lakukan secara intensif,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Ingin Salurkan Hobi dan Dapat Uang? Ikuti Lomba Foto Polres Temanggung

Ia berharap dengan dilakukan penyuluhan hukum, hukum dapat diketahui oleh banyak masyarakat. Dengan begitu kesadaran masyarakat semakin meningkat dan terdapat ketertiban di wilayah Temanggung. Khususnya, persiapan yang akan dilakukan oleh pengurus LPBH NU Temanggung, perlu dilakukan pelatihan khusus pengurus, untuk penyatukan cara pandang dalam mengelola program kerja lembaga.

“Prioritas kita untuk tahun pertama akan mengadakan sosialisasi lembaga, penyuluhan hukum, konsultasi hukum, Hal tersebut dilakukan agar masyarakat kenal dengan LPBHNU Temanggung, sekaligus mengetahui fungsi hukum dan manfaat hukum. Secara teknis program dilakukan pada pertemuan warga NU di kecamatan, lingkup desa, fatayat, muslimat, Ansor dan Banser. Tidak ketinggalan karena NU punya Radio Santika, maka kita akan melakukan penyuluhan di radio. Saya memberitahukan kepada masyarakat, apabila mempunyai masalah hukum, bisa konsultasikan ke kami dengan tanpa ada biaya (gratis),” tandasnya. (set)