Jeda Semester, Siswa SD Mutual 2 Tingkatkan Kreativitas dengan Beragam Kegiatan

DONASI. Bakti Sosial SD Mutual Dua mengumpulkan donasi peduli untuk korban bencana puting beliung di Windusari Magelang.
DONASI. Bakti Sosial SD Mutual Dua mengumpulkan donasi peduli untuk korban bencana puting beliung di Windusari Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal telah diikuti seluruh siswa dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Wajah ceria terus dipancarkan para siswa SD Mutual Dua Kota Magelang karena sudah melalui masa tegang.

Paska PAS Gasal, yakni mulai  9 – 12 Desember 2019, aneka kegiatan disuguhkan dalam mengisi masa jeda sebelum libur semester. Diawali dengan berkreasi membuat salad buah, disajikan, dimakan bersama teman-temannya menambah suasana akrab antar siswa. Antara siswa dengan guru menambah suasana kegiatan belajar mengajar di SD Mutual Dua semakin nyaman. Berkreasi dengan stik untuk selanjutnya dibentuk aneka kerajinan yang membentuk karakter ketelitian, keterampilan siswa sangat antusias diikuti oleh siswa. Ada yang menghasilkan tempat pensil, tempat minum, dan sebagainya.

Hari berikutnya, kegiatan jeda semester pasca PAS Gasal diisi dengan pengenalan dan pemetaan gali potensi, coaching clinic para siswa dalam aneka macam olahraga. Acara dilaksanakan di Sport Center Magelang yang kebetulan berada dekat lokasi SD Mutual Dua.

Ada yang fokus berlatih tenis, pengenalan Aquatic, bola basket, bola voli, panahan, hingga berlatih sepak bola bersama di stadion madya Magelang. “Alhamdulillah, seluruh siswa mengikuti program pengenalan dan pemetaan minat bakat olahraga dengan baik. Semoga potensi siswa tergali dalam acara ini,” kata Anis Fatihatul SPd, selaku guru pendamping.

Proyeksi Bakti Sosial SD Mutual Dua Peduli korban bencana puting beliung di Windusari, Magelang tak luput dari agenda pasca semester gasal ini. Berkenaan dengan terjadinya bencana, mengundang simpati keluarga besar SD Mutual Dua. Galang dana dan pakaian pantas pakai dihimpun para siswa dan guru. Terkumpul dana sebesar Rp7.970.000 dan pakaian pantas pakai. Hasil galang bantuan ditasarufkan kerjasama langsung dengan LazisMuh Kota Magelang.

Selanjutnya, kegiatan pasca PAS Gasal diakhiri dengan SEISOU atau bersih-bersih kelas dan lingkungan dalam bahasa Jepang. Memegang lap, menyapu, membuang sampah, mengelap kaca menjadi pemandangan yang menarik. Anak-anak kompak bersama guru membersihkan kelas dan lingkungannya. Mereka semangat bersih-bersih kelasnya. Banyak nilai pendidikan dalam kegiatan Seisou ini.

Melihat ini semua, tentu kita sudah dapat menebak dengan pasti, karakter dan mental seperti apa yang akan terbentuk pada generasi yang akan datang. Semoga budaya bersih dan hidup sehat dapat dimiliki masyarakat khususnya, diawali oleh anak-anak SD Mutual Dua Kota Magelang.

Kepala SD Mutual Dua, Mustaqim SPdI MPd menyatakan SD Mutual Dua akan terus menyajikan pendidikan berkualitas, menguatkan nilai karakter, dilandasi dengan nilai ke-Islaman sehingga tujuan pendidikan tercapai. “Aneka wujud kegiatan pasca PAS Gasal ini tidak lain merupakan usaha SD Mutual Dua untuk menciptakan siswa yang unggul kepribadian, pengetahuan dan keterampilan. Program siswa mengajar, proyeksi bakti sosial, menemukan minat bakat siswa yang sudah disampaikan mas menteri, langsung diterapkan di SD Mutual Dua, inilah wujud Merdeka Belajar di SD Mutual Dua Kota Magelang, semoga sukses,” tandasnya. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here