Pendakian Gunung Prau Via Igirmranak Ditutup Sementara

Pendakian Gunung Prau Via Igirmranak Ditutup Sementara
Pendakian Gunung Prau Via Igirmranak Ditutup Sementara

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Jalur pendakian ke Gunung Prau via Igirmranak ditutup sementara. Penutupan dilakukan sebagai tanda turut berduka cita atas meninggalnya seorang pendaki asal Depok Jakarta Barat pada Sabtu lalu.

“Penutupan jalur pendakian dimulai pada tanggal 8 Desember 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan bagi pendaki yang telah terlanjur naik, telah diperintahkan segera turun melalui alat komunikasi yang ada,” ungkap Ketua FKPI Gunung Prau, Harsono kemarin.

Menurutnya, pengumuman penutupan jalur pendakian tersebut dikeluarkan melalui surat bernomor 19/imp/XII/2019 tentang penutupan jalur pendakian menuju Gunung Prau. FKPI menutup kegiatan pendakian untuk umum pada via Igirmranak.

“Penutupan sementara ini memang terkait meninggalnya pendaki asal Jakarta beberapa waktu lalu. Selain itu base camp atau pos Igirmranak  juga melakukan evaluasi,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pendaki gunung atau pecinta alam sebelum mendaki agar betul-betul dipersiapkan segala sesuatunya, mulai dari perlengkapan tenda, perbekalan atau logistik. Tidak kalah pentingnya adalah persiapan fisik serta menjaga kesehatannya dan berdoa.

“Meski Gunung Prau tidak setinggi Gunung Sindoro dan Sumbing, namun persiapan pendakian serta pemahaman terhadap cuaca perlu dipahami. Termasuk, kondisi fisik pendaki,” tandasnya

Seperti yang diketahui sebelumnya,  seorang pendaki asal Jakarta,  Yunawan Prasetiyoko (42)  meninggal dunia di Gunung Prau Dieng.  Korban diduga meninggal karena mengindap suatu penyakit dan tidak tahan dengan cuaca buruk yang tiba-tiba menerpa puncak gunung  tersebut.(gus)

 

 

Artikel Menarik Lainnya :  Tak Mau Divaksin, Guru Bakal Disanksi Tegas