Penjaga Musala di Purworejo Tewas Dibunuh

Penjaga Musala di Butuh Tewas Dibunuh
DIAMANKAN. Terduga pelaku pembunuhan penjaga musala diamankan di Polres Purworejo usai kejadian

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Peristiwa pembunuhan terjadi di depan Musala Al-Ikhlas Desa Dlangu Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, Sabtu (7/12) sore. Dalam insiden itu, penjaga atau takmir musala setempat bernama Tugiono (75) meninggal akibat dibacok dengan golok setelah memergoki seorang pemuda berinisial WD (30), pelaku pembunuhan yang diduga akan mencuri kotak amal.

Korban merupakan seorang petani warga RT 02 RW 02 Desa Dlangu Kecamatan Butuh. Sementara WD yang kini sudah ditahan kepolisian dan ditetapkan sebagai tersangka merupakan warga Desa Adikarso Kecamatan/Kabupaten Kebumen.

Informasi dari sejumlah sumber menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Kejadian bermula saat korban sedang bersih-bersih musala sambil membawa golok.

Baca Juga
Diduga Sakit, Pendaki Asal Jakarta Meninggal di Gunung Prau

Tiba-tiba korban melihat gerak-gerik tersangka yang mencurigakan seperti hendak mencuri kotak amal musala dan berusaha mencegahnya. Percekcokan terjadi dan berlanjut perkelahian. Pada saat itu tersangka berhasil merebut golok milik korban.

Dengan golok itulah kemudian tersangka membacok korban di bagian kepala belakang, muka, dan tangan kanan hingga korban bersimbah darah dan tewas di tempat kejadian.

“Korban dibunuh  menggunakan senjata tajam jenis golok (bendho),” kata Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Butuh, AKP Sumardi.

Kejadian tersebut diketahui oleh Wagino, warga setempat yang kesehariannya berjualan dawet di seberang jalan depan musala.  Wagino kemudian melapor ke Koramil dan diteruskan ke Polsek Butuh. Petugas Polsek dan Koramil Butuh yang datang ke lokasi kemudian berusaha mengamankan tersangka.

Baca Juga
PSIS Menang Telak, Kalahkan Arema FC 5-1

Tersangka sempat melakukan duel  beberapa menit dengan anggota Koramil Butuh, Serka Jafar Sodik, sebelum akhirnya diamankan. Perlawanan tersangka berhenti saat tendangan Jafar sodik mengenai perut WD hingga terpental dan langsung dilumpuhkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Bensin Tumpah Saat Menambal Ban, Rumah dan Bengkel Terbakar

“Saat saya berusaha melumpuhkan sang pelaku di halaman Musola, terlihat korban sudah tergeletak berlumuran darah dengan luka di bagian kepala,” kata Serka Jafar Sodik.

Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Haryo Seto Liestyawan SH MKrim, menyatakan tersangka sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kejadian tersebut kini masih didalami. Namun, dugaan sementara tersangka mengalami gangguan kejiwaan. (top)