Penderita HIV/AIDS di Kendal  Didominasi  Kaum Perempuan

PEMERIKSAAN – Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes periksa buruh pabrik PT Asia Pasific Fibers Kaliwungu,
PEMERIKSAAN – Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes periksa buruh pabrik PT Asia Pasific Fibers Kaliwungu,

MAGELANGEKSPRES.COM,KENDAL – Data Dinas Kesehatan Kendal, mencatat penderita HIV/AIDS pada 2019 mencapai 1.015 orang. Sebagian besar merupakan ibu rumah tangga dan buruh pabrik. Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal rutin melakukan pemantauan terhadap penderita dengan melakukan voluntary counselling and testing (VCT) atau konseling dan tes HIV sukarela tiga bulan sekali.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kendal, Muntoha mengatakan, dari 1.015 penderita HIV/AIDS, sebanyak 325 penderita telah meninggal dunia.

“Jumlah penderita tersebut dihitung sejak tahun 2000,”katanya saat peringatan Hari AIDS Sedunia yang digelar di PT Asia Pasific Fibers Kaliwungu, Kamis (5/12).

Dari data tersebut, 26 persen penderita adalah ibu rumah tangga. Pekerja Seks Komersial (PSK) yang diperkirakan tinggi, berada di peringkat kedua dengan 19 persen. Kemudian kalangan buruh laki-laki yang rawan menyebarkan virus HIV/AIDS.

“Pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan, karena buruh rentan dengan penyakit ini mengingat aktivitas mereka tidak terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager HRD dan GA PT Asia Pasific Fiber, Mettony mengatakan, jumlah karyawan di perusahaan tersebut 90 persen laki-laki. Mereka rawan terhadap penularan HIV/AIDS, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan pencegahan sejak dini. “Pemeriksaan ini rutin dilakukan kepada karyawan agar terbebas dari penyakit menular yang bisa membahayakan karyawan lainnya,”katanya.(lid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here