Forbes Rilis 5 Orang Kaya Baru di Indonesia

Forbes Rilis 5 Orang Kaya Baru di Indonesia
Forbes Rilis 5 Orang Kaya Baru di Indonesia

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA – Meski tengah dilanda ketidakpastian global namun kekayaan pengusaha Indonesia bertambah, bahkan tercatat ada lima orang kaya baru yang dirilis oleh Forbes dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Total kekayaan para pengusaha Indonesia di tahun 2019 naik USD5,6 miliar dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi USD134,6 miliar atau Rp1.898 triliun.

Hartono bersaudara, selama 11 tahun berturut-turut bertahan di posisi pertama. Pemilik Bank Central Asia (BCA) ini memiliki kekayaan bersihnya mencapai USD37,3 miliar atau Rp522,2 triliun.

Pada posisi kedua, terdapat keluarga Widjaja, pewaris kekayaan Grup Sinar Mas milik Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari lalu itu, total kekayaan bersihnya USD9,6 miliar atau Rp134,4 triliun.

Pengusaha Prajogo menempati urutan ketiga dari tahun lalu di urusan tujuh, dengan kekayaan bersih USD7,6 miliar atau Rp106,4 triliun, dari USD3 miliar tahun lalu. Taipan ini memiliki bisnis utama di bidang petrokimia dan energi.

Sedangkan lima nama orang kaya baru. Pertama, Donald Sihombing. Kekayaan pengusaha konstruksi yang penggemar mobil Ferrari itu memiliki harta USD70 juta atau Rp13,579 triliun.

Kedua, Winarko Sulistyo bos Perusahaan Fajar Surya Wisesa. Forbes mencatat total kekayaan Winarko mencapai US$1,2 miliar atau Rp16,78 triliun.

Adapun tiga nama baru lainnya muncul dari kekayaan warisan orangtua mereka yang telah meninggal. Yaitu, pertama, keluarga Widjaja dengan total kekayaan mencapai USD9,6 miliar atau Rp134,4 triliun. Kerajaan bisnis mereka adalah Grup Sinar Mas.

Kedua, keluarga Ciputra, dengan yotal kekayaan mencapai USD1,3 miliar atau Rp134,4 triliun. Keluarga tersebut mewarisi kerajaan bisnis properti dari Ciputra yang meninggal di usia 88 tahun pada November lalu.

Sementara ketiga, Keluarga Hamami, dengan total kekayaan yang mencapai USD660 juta atau Rp9,23 triliun. Orang tua mereka Achmad Hamami, pemilik Trakindi Utama. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here