9 Satker di KPPN Magelang  Terima Penghargaan Best Performance

DIPA 2020 diserahkan secara langsung oleh Wawali Windarti Agustina di Dampingi Kepala KPPN Magelang Drs Hartana, Kamis (5/12) di Balai Diklat dan Kepemimpinan Kemenkeu Magelang.
DIPA 2020 diserahkan secara langsung oleh Wawali Windarti Agustina di Dampingi Kepala KPPN Magelang Drs Hartana, Kamis (5/12) di Balai Diklat dan Kepemimpinan Kemenkeu Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG TENGAH-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN) Magelang menyerahkan penghargaan  Best performance semester II tahun 2019 pada 9 dari 94 satuan kerja (Satker) yang berkinerja baik di wilayah   KPPN Magelang.

“Penghargaan ini berdasarkan nilai rapor bagi satuan kerja yang ada  dengan tujuan agar para satuan kerja tersebut mengetahui kinerja palaksanaan anggaran selama enam bulan yang telah lalu,” kata  Kepala KPPN Magelang, Drs Hartana usai penyerahan anugerah bagi satuan kerja yang berkinerja baik di Magelang, Kamis ( 5/12) di Balai Diklat Kepemimpinan Kemenkeu.

Hartana mengatakan, kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai bahan evaluasi sehingga satker dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran ke depannya. Menurutnya, penilaian kinerja pelaksanaan anggaran tersebut berdasarkan  empat aspek yang dijadikan alat untuk  mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran secara kuantitatif.

Baca juga
Joko Budiyono Desak Rekanan Segera Selesaikan Proyek

Keempat aspek tersebut meliputi kesesuaian dengan perencanaan,efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan kegiatan dan aspek kepatuhan terhadap regulasi. Adapun penilaian yang dilakukan  dalam menyusun rapor satker tiap-tiap semester tersebut dilakukan tidak secara manual, melainkan  berdasarkan system yang ada dengan berdasar pada empat aspek dan 12 variabel yang ada.

Ia menambahkan, pada tahun anggaran 2020 DIPA yang dialokasikan pencairannya di Wilayah kerja KPPN Magelang di luar belanja transfer atau daerah (DF/DD) sebesar Rp. 2.283.808.266.000. Dari sisi jumlah dana, Pagu alokasi DIPA TA 2020 mengalami kenaikan Pagu DIPA TaA 2019 sekitar 10,5 % ( Rp. 212.338.655.000). Namun demikian dari sisi jumlah satuan kerja awal TA 2020 nanti jumlah Satker yang dilayani adalah 88 satker, sesuai pengalaman yang terjadi di TA 2019, biasanya dipertengahan TA akan ada revisi penambahan satker baru dan tentunya akan diiringi pula dengan penambahan alokasi dananya. Sedangkan DAK Fisik dan Dana Desa pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 1% (Rp. 8.827.791.000)

Artikel Menarik Lainnya :  Kunjungin Toko Mas Mustika Magelang, Ivan Gunawan Ajak Masyarakat Investasi Emas

Hartana mengatakan, setelah dilakukan penilaian ,  terpilih sembilan satuan kerja yang ada di Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Temanggung yang masuk wilayah kerja KPPN Magelang berpenampilan terbaik. Dan terbagi dalam dalam tiga kategori yakni kategori  A yakni pagu daftar isian pelaksanaan anggaran ( DIPA) di atas Rp 10 miliar,  kategori B pagu DIPA antara Rp4 miliar hingga Rp10 miliar dan kategori C  dengan pagu DIPA kurang dari Rp4 miliar.

Juara pertama untuk kategori A diraih Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Magelang, juara dua Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan serta juara ketiga Akmil.

Untuk kategori B, yakni pagu DIPA antara Rp4 miliar hingga Rp10 miliar, juara pertama diraih Pengadilan Negeri Magelang, peringkat kedua Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Magelang.

Baca Juga
329 Pelamar CPNS Kota Magelang Dinyatakan TMS

Sedangkan, untuk kategori C dengan pagu DIPA kurang dari Rp4 miliar, Pengadian Negeri Magelang, Pengadilan Agama Temanggung dan Balai Pemasyarakatan Magelang.

Sementara itu Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina saat hadir dan turut menyerahkan penghargaan tersebut menghibau supaya DIPA yang telah disahkan berfungsi sebagai dokumen yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan, serta dasar pengeluaran anggaran negara dan pencairan dana atas beban APBN.

“Penyerahan DIPA tahun 2020 yang telah dilaksanakan lebih aqal pada akhir tahun 2019 ini, merupakan komitmen dan keinginan kita bersama, agar pelaksanaan anggaran dimulai tepat pafa waktunya sehingga seluruh satuan kerja dapat segera mengeksekusi rencana-rencana yang sudah ditetapkan dalam DIPA,”kata Wawali.

Wawali mengharap dukungan dan peran dari pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran dalam mengawasi dan mengendalikan terlaksananua seluruh amanat yang tertuang dalam DIPA tersebut.(hen)

Artikel Menarik Lainnya :  227 Taruna tingkat IV Dikenalkan Materi Operasi Militer Perang