329 Pelamar CPNS Kota Magelang Dinyatakan TMS

CPNS
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono, bersama dengan Kabid Data dan Mutasi, BKPP, Abdul Rochman.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang melakukan verifikasi data berkas pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019. Hingga saat ini, sebanyak 3.356 pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS), sedangkan 329 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Sementara 49 berkas pelamar belum terverifikasi.

”Total yang sudah submit ada 3.734 pelamar. Jumlah itu terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 1.888 orang, tenaga kesehatan 672, dan tenaga teknis 1.174 orang,” kata Kepala BKPP Kota Magelang, Aris Wicaksono, Kamis (5/12).

Dia menyebutkan, Pemkot Magelang mendapatkan izin dari Kementerian PAN dan RB untuk membuka lowongan 225 formasi. Jumlah itu terdiri dari 132 tenaga guru, 78 tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya 15 kuota.

Baca juga
Tidak Kantongi Izin, Tiga Tower Seluler Ditertibkan Satpol PP Wonosobo

”Ada beberapa yang belum ada peminatnya antara lain dokter spesialis bedah syaraf, dokter spesialis bedah digestif, dokter spesialis jantung, dokter spesialis jiwa, dokter umum untuk puskesmas, dan epidemilog,” imbuh Aris.

Ia mengatakan, kosongnya pelamar pada formasi CPNS tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Menurutnya, di dunia medis, tenaga dokter tinggi pasarannya dengan take home pay, sehingga para pendaftar kurang berminat mendaftar sebagai CPNS.

”Mungkin di dunia medis, (tenaga dokter) tinggi pasarannya. Standby di Rumah Sakit, take home pay di luar,” ujarnya.

Aris mengatakan, kekosongan pelamar ini membuat Pemkot Magelang perlu mencarikan solusi lain. Jabatan yang kosong nanti akan dicari melalui mekanisme Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

”Kita mencari dengan mekanisme BLUD, bukan dari PNS, tapi merekrut dari mekanisme BLUD,” katanya.

Dia menambahkan, nantinya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 akan diselenggarakan di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Magelang Selatan, Februari 2020 mendatang. Mekanismenya kurang lebih sama saat pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 silam.

Artikel Menarik Lainnya :  Serem...Ternyata Jawa Gudangnya Preman dan Pungli, 8 Ribu Orang Diamankan

”Kemudian untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) akan digelar Maret 2020,” pungkasnya. (wid)