Putri Mahkota Kerajaan Demark Kunjungi Candi Borobudur

putri mahkota denmark
TAMU NEGARA. kunjungan Putri Mahkota Kerajaan Demark Mary Elizabeth Donaldson, ke Candi Borobudur, pengamanan diperketat.

MAGELANGEKSPRES.COM,BOROBUDUR – Candi Borobudur menjadi tempat kunjungan Putri Mahkota Kerajaan Demark Mary Elizabeth Donaldson. Rombongan Delegasi tiba di kawasan Borobudur, Selasa (3/12), disambut di Hotel Plataran oleh Jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang.

Pada malam harinya Putri Mary bermalam di Hotel Aman Jiwa di kawasan lereng pegunungan Suroloyo Borobudur.

Kunjungan ini dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan Deplomatik antara Indonesia Demark yang dilangsungkan Ballrom Plataran Resort dan Heritage Borobudur,

Terkait dengan pengamanan kunjungan, Waka Polres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, menyampaikan, jajaran Kepolisian juga telah menerjunkan personilnya guna melakukan pengamanan saat memasuki wilayah Magelang.

Baca Juga
Ngopi Bareng, Sekda Joko Budiyono Ajak Dialog Pedagang Pasar Rejowinangun

“Pemamanan dilakukan mulai Putri Denmark masuk wilayah Magelang hingga setiap lokasi kunjungan Putri di Kawasan Borobudur,” ucap Eko.

Dalam rangkaian kunjungan ini Putri Mahkota beserta rombongan juga berkenan menyaksikan keindahan Candi Borobudur, setelah menerima buku kenang kenangan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB), sang Putri kemudian berkeliling mendaki candi hingga stupa paling atas.

“Sang putri merasa kagum dengan keindahan Candi borobudur ini,” terang pemandu wisata Heri Setyawan, menggambarkan kekaguman Putri Mahkota terhadap candi Buddha terbesar ini.

Baca juga
Lagi, Tiga Rumah di Wonosobo Ludes Terbakar

Mary bahkan sudah mengetahui seluk beluk tentang Candi Borobudur, Ia juga memuji upaya pelestarian situs warisan budaya dunia yang dilakukan oleh BKB.

“Beliau sangat mengapresiasi tingkat kelestarian Candi Borobudur. Batunya masih dalam kondisi yang baik. Batu yang menyusun candi adalah batu andesit yang lebih keras dari material manapun, namun apabila tidak dirawat itu akan rusak,” kata Hari, Rabu (4/12) diwawancarai di sela kunjungan.

Artikel Menarik Lainnya :  Modus Tanya Kayu, Residivis Asal Temanggung Embat HP

Selain itu tamu negara juga sangat takjub dengan situasi pemandangan di kawasan Candi Terbesar di dunia ini.(cha)