Pasar Blabak di Magelang yang Terbakar, Kini Mulai Dibangun

pasar blabak
PEMBANGUNAN. Proses pembangunan tempat berjualan Pasar Blabak Mungkid mulai dilaksanakan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pasar Blabak, Mungkid, Magelang yang terbakar Oktober lalu, kini tengah dibenahi. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Drs H Asfuri Muhsis MSi mengatakan, pembangunan sudah dimulai pada akhir November kemarin.

“Proses pembangunan sudah berjalan sembilan hari. Dan ditargetkan pada akhir bulan ini pembangunan selesai,” ucap Asfuri, Rabu (4/12).

Asfuri mengatakan, pembangunan Pasar Blabak menggunakan bahan material bekas dari pasar penampungan Muntilan. Dikarenakan kondisi material yang lama masih bagus kondisinya.

Baca juga
Putri Mahkota Kerajaan Demark Kunjungi Candi Borobudur

“Material bagunan dari bekas Pasar sementara Muntilan, karena masih layak untuk digunakan, efisien dan bisa segera dipasang,” papar Asfuri.

Bangunan baru tersebut, menurut Asfuri, mampu menampung 200 pedagang. Dari pedagang Pasar Blabak Mungkid yang terbakar kemarin.

“Bangunan baru tersebut bisa menampung 200 pedagang. Dimana selama ini pedagang yang tepat berjualannya terbakar, turut menumpang berjualan di sela-sela bagian pasar yang tidak terbakar,” ungkap Asfuri.

Pasar Blabak terbakar pada Kamis (17/10), dan 30 % bangunannya terbakar habis. Saat ini sudah mulai dilaksanakan pembangunan oleh pemerintah.

Adapun bagian pasar yang terbakar terdiri dari 3 Los yaitu Los D sebanyak 24 Los, Los E sebanyak 25 Los dan Los F sebanyak 42 Los Total Los yang terbakar sebanyak 91 Los dan 4 Los Cagar budaya ikut terbakar.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Terseret Arus Sungai, 2 Warga Wonolelo Magelang Tewas, 1 Selamat