Lagi, Tiga Rumah di Wonosobo Ludes Terbakar

kebakaran kalikajar
TERBAKAR. Tiga unit rumah di Dusun Gamblok Desa  Butuh Kidul ludes menjadi abu

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Kebakaran kembali melanda di desa wilayah Kecamatan Kalikajar. Tiga unit rumah di Dusun Gamblok Desa  Butuh Kidul ludes menjadi abu. Kebakaran terjadi pada pukul 11.30 WIB. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Rumah yang terbakar milik, Miyarno (52), Tumarno (45)  dan Miyarto ( 80). Semuanya berada di Dusun  Gamblok Rt .08/ Rt. 03 Desa Butuh Kidul.

Kepala BPBD Wonosobo,  Zulfa Ahsan Alim Kurniawan mengemukakan, dalam sehari ada dua peristiwa kebakaran di Wonosobo. Yaitu, kebakaran rumah tinggal sebanyak tiga unit di Dusun Gamblok Butuh Kidul Kalikajar dan kebakaran oven kayu di Desa Wonokerto Kecamatan Leksono.

Baca juga
Korban Puting Beliung di Temanggung Bertambah jadi 73 Rumah Rusak

“Ya ada dua peritiwa kebakaran, kita sudah kerahkan tim Damkar ke dua titik kejadian kebakaran,” ungkapnya kemarin.

Menurutnya, kebakaran yang mengakibatkan tiga rumah ludes di Dusun Gamblok Desa Butuh Kidul Kalikajar terjadi pada hari Rabu (4/12)  sekitar pukul 11.30 WIB.  Awal mula api diketahui oleh tetangga korban melihat api di pintu tengah rumah milik korban Miyarto  yang berdekatan dengan televisi.

“Waktu itu tetangga korban, teriak minta tolong kepada warga dan menuju masjid untuk memberitahu warga lainnya lewat speaker masjid bahwa telah terjadi kebakaran rumah,” ujarnya.

Setelah kembali dari memberitahu soal kejadian kebakaran itu, ternyata api sudah merembet ke dua rumah lainnya. Yaitu rumah Miyarno dan rumah milik Tumarno, dan warga sudah berdatangan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sementara itu,  Kapolsek Kalikajar, Iptu Budi Rustanto mengemukakan, peristiwa kebakaran di Dusun Gamblok Desa Butuh Kidul terjadi pada siang hari. Sebanyak tiga rumah ludes di lalap si jago merah.

Artikel Menarik Lainnya :  Kaget, Sedang Masak Tiba - tiba Rumah Terbakar

“Kami menerima laporan adanya peritiwa itu kemudian menghubungi damkar dan mendatangi tempat kejadian perkara,” katanya.

Baca Juga
Walikota Magelang Juara Nasional Tenis Baveti VII di Bali

Kondisi pemukiman di Dusun Gamblok cukup jauh dari akses pemadam kebakaran di kota. Sementara akses air tidak mudah, saat kejadian cuaca cukup cerah, dan rumah saling berhimpitan.

“Pada saat kejadian hanya satu orang yang berada di rumah yaitu mbah Miyarto. Sementara pemilik rumah yang lain masih berada di ladang,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada warga Kecamatan Kalikajar untuk berhati-hati. Sebab, sehari sebelumnya telah terjadi kebakaran di Dusun Garung Desa Butuh Lor.  Meski sudah memasuki musim penghujan namun kebakarn bisa terjadi kapan saja. (gus)