Bupati Magelang Serahkan Bantuan Langsung pada Korban Angin Puting Beliung di Sawangan

korban puting beliung
BANTUAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin serahkan bantuan kepada korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Sawangan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Bupati Magelang, Zaenal Arifin, serahkan langsung bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Balai Desa Gantang Kecamatan Sawangan, Selasa (3/12). Bupati berkenan secara pribadi menyerahkan bantuan dana bagi warga yang beberapa waktu lalu terkena bencana alam angin puting beliung.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 20 orang menerima santunan guna meringankan beban masalah terkait dampak yang timbul pasca bencana alam angin puting beliung.

Bupati Magelang usai menyerahkan bantuan mengatakan, bantuan tersebut tidak seberapa jumlahnya, namun hal itu sebagai wujud rasa keprihatinan dan perhatian pemerintah terhadap warganya yang tengah diberi cobaan bencana alam.

“Harapan kami semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban cobaan. Dimana rata-rata para korban bencana angin puting beliung mengalami kerusakan rumah tempat tinggalnya,” ucap Zaenal.

Baca juga
Pemkot Magelang Siap Beri Dukungan Penyelenggaraan Pilkada 2020

Penyerahan bantuan dilakukan disela sela acara Deklarasi  Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Devicasiom Free untuk seluruh wilayah Kecamatan Sawangan.

Deklarasi dilakukan oleh anak anak sekolah dan juga para kepala desa yang di pimpin Camat Sawangan di depan Bupati Magelang Zaenal Arifin dan seluruh tamu undangan, forkopimda dan masyarakat Desa Gantang.

Deklarasi ODF yang didasari hasil verifikasi dan infestigasi di seluruh desa di Kecamatan Sawangan yang berpenduduk tersebar di 15 desa. Dilaporkan Camat Sawangan bahwa jumlah warga 17.530 KK. Warga yang telah mempunyai jamban sebanyak 14.204  kepala keluarga. Dinyatakan semua warga 100%  telah stop buang air besar sembarangan. Sedangkan sebagiannya yang belum mempunyai jamban mereka BAB  di jamban bersama atau umum.

“Kami berharap kepada para kepala desa agar memperhatikan fasilitas umum, dan pembangunan sanitasi serta pemenuhan adanya kebutuhan air bersih. Sehingga, anak anak bisa cuci tangan dengan air bersih,” papar bupati.(cha)