Pramuka Purworejo Bakal Giatkan Perkemahan di Buper Heroes Park

PELATIHAN. Puluhan anggota Pramuka mengikuti Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, 
PELATIHAN. Puluhan anggota Pramuka mengikuti Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Keberadaan bumi perkemahan (Buper) Pramuka Punthuk tak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Purworejo seiring dibangunnya menjadi Heroes Park. Keberadaannya yang berlokasi di Cangkrep Purworejo kini menjadi penyemangat bagi  Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo untuk menggiatkan kegiatan kepramukaan di Buper.

“Rencananya akan mengagendakan kegiatan berkemah setiap sepekan sekali. Di jadwalkan bagi masing-masing gugus depan untuk melaksanakan kegiatan perkemahan di Buper Punthuk,” kata Sekretaris Kwarcab Purworejo, Piyani SPd, saat mewakili Waka Bidang Humas Abdimas pada pembukaan Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan 2019, kemarin.

Pelatihan berlangsung di Sanggar Bhakti Pramuka dihadiri Kepala Pusat Penddikan dan Latihan (Pusdiklat) gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Kuntari Watini SPd MM, Andalan Cabang Gudep Wilayah Daryanto SPd MPd, wakil sekretaris Muhamad ‘Asim SPd, dan sejumlah pengurus Kwarcab.

Baca juga
Dua Mantan PNS di Purworejo Ditetapkan jadi Tersangka Korupsi Bansos Kemenpora

Menurut Piyani, agenda berkemah menjadi upaya untuk menghidupkan kembali Buper Pramuka sebagai tempat mendidik anggota Pramuka mandiri dan berkarakter.

“Nantinya dengan diagendakan setiap seminggu sekali juga sekaligus mengenalkan kepada anggota Pramuka dengan dibangunnya Heroes Park yang menggambarkan Kabupaten Purworejo sebagai kota Pahlawan,” sebutnya.

Terkait dengan pelaksanaan pelatihan kehumasan dan keprotokolan, Piyani berharap dapat diterapkan di masing-maising Kwaran, gudep, maupun kwarcab. Dengan publikasi yang baik, diharapkan keberadaan Pramuka bermanfaat untuk masyarakat.

“Sementara untuk keprotokolan, agar masing-masing Kwaran maupun gudep dapat melaksanakan setiap kegiatan dengan tata acara yang benar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Daryanto menjelaskan, kegiatan pelatihan kehumasan dan keprotokolan diikuti sekitar 60 peserta dari  kwaran, gugus depan, dan sekretariat Kwarcab Purworejo. Pelatihan bertujuan untuk menyatukan persepsi dalam menerapkan kehumasan dan keprotokolan, dengan harapan masing-masing peserta memiliki bekal dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan dimasing-masing Kwarannya.

Artikel Menarik Lainnya :  Ribuan Anak Purworejo Terkena Stunting

“Sedangkan narasumber dari bagian Humas dan Protokol Kabupaten Purworejo,” jelasya.

Secara terpisah, Waka Bidang Humas dan Abdimas Drs Muh Wuryanto MM mengatakan, bidang humas dan abdimas memiliki berbagai kegiatan pelatihan yakni selain pelatihan kehumasan dan keprotokolan, juga pelatihan penyiaran radio, jurnalistik, dan pelatihan penddikan ptramuka kepada anak usia dini.  “Ada juga kegiatan karya bakti pengamanan Lebaran pada Hari Raya Idul Fitri, dan kegiatan bantuan pada kejadian bencana alam yang menurunkan Unit Bantuan Pertolongan Pramuka,” katanya. (top)