Puluhan Mahasiswa Untag Tanam 750 Bibit Pohon

Peduli Lingkungan Hidup
LINGKUNGAN : Puluhan mahsiswa tim KKN Untag Semarang lakukan aksi bhakti sosial dengan menanam 750 bibit pohon berbagai jenis di ruang terbuka hijau Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu

MAGELANGEKSPRES.COM,KENDAL – Sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, puluhan mahasiswa Fakultas Hukum bersama Tim KKN Untag Semarang menanam sebanyak 750 bibit pohon keras berbagai jenis di ruang terbuka hijau di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu, Sabtu (30/11).

Jauh sebelumnya, tim kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Untag Semarang ini juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya. Tak hanya melakukan aksi penghijauan dengan menanam bibit pohon saja. Namun, mereka juga menggelar aksi bersih-bersih di lingkungan desa.

Tri Kusuma Handayani (25) salah satu peserta KKN Untag Semarang ini mengatakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, bersama rekan-rekan mahasiswa tim KKN melakukan bhakti sosial. Seperti yang dilakukan di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu ini.

“Kami melakukan berbagai kegiatan bhakti sosial masyarakat, seperti peduli lingkungan, aksi bersih-bersih, penanaman bibit pohon dan memberikan bantuan puluhan tong sampah. Dari kegiatan ini harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujar mahasiswi semester tujuh ini.

Diungkapkan, melalui aksi peduli lingkungan dengan penanaman pohon untuk menjadikan contoh pada masyarakan akan pentingnya ruang terbuka hijau. Selain itu, ada juga kegiatan pengolahan limbah sampah yang dapat menjadikan peningkatan ekonomi warga.

“Bagi masyarakat setempat, selama ini sampah menjadi masalah. Namun setelah diolah, sampah organik menjadi kompos sedangkan untuk sampah an organik diolah menjadi kerajinan lainnya. Sehingga sampah menjadi sesuatau yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” tuturnya.

Dosen pembimbing lapangan, Rini Redjeki SH.M.Hum yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap melalui kegiatan penanaman bibit pohon itu setidaknya bisa menjadi contoh dan memberikan sugesti khususnya kepada warga Desa Nolokerto untuk cinta dan peduli terhadap lingkungannya.

“Dengan adanya ruang terbuka hijau ini maka udara sekitar menjadi segar dan memperindah Desa Nolokerto khususnya. Kami berharap, semoga masyarakat Desa Nolokerto Kaliwungu bisa ikut merawat ruang terbuka hijau ini. Sehingga nantinya akan sangat bermanfaat bagi warga dan lingkungan sekitar,” terangnya. (via/sgt)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here