Aplikasi Magelang Cerdas, Mudahkan Masyarakat Terima Layanan Pemkot Magelang

Aplkasi Magelang Cerdass
MAGELANG CERDAS. Pemkot Magelang, melalui Diskominsta menciptakan aplikasi Magelang Cerdas yang dapat diunduh lewat Google Play Store yang memiliki fitur layanan untuk masyarakat.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pemkot Magelang terus berupaya serius untuk mengukuhkan kota itu sebagai smart city (kota cerdas). Terobosan terbaru yakni penciptaan aplikasi Magelang Cerdas. Aplikasi yang dapat diunduh lewat google playstore itu dicetuskan untuk memberikan pelayanan masyarakat hanya dalam satu genggaman saja.

”Teknologi membuat semua sistem pelayanan menjadi terintegrasi, alhasil pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara efisien dan efektif dalam satu platform saja,” kata Kepala Bidang Teknologi Informasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Wikan Kanugroho, kemarin.

Proyeksi atau rencana Pemkot Magelang ini pun direalisasikan dengan mengintegrasikan layanan lebih dari 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Hal ini mengingat pentingnya interoperabilitas bagi pemerintahan. Bahkan tak hanya organisasi pemerintahan, mereka juga menggandeng rumah sakit dan BPJS.

Aplkasi Magelang Cerdass
Aplkasi Magelang Cerdass

”Kerja sama kami dengan rumah sakit membuahkan hasil, masyarakat bisa mengetahui informasi ketersediaan kamar di rumah sakit hingga stok darah lewat aplikasi Magelang Cerdas,” imbuh Wikan.

Tak hanya rumah sakit daerah saja, Pemkot Magelang lewat aplikasi Magelang Cerdas pun berencana untuk menggandeng instansi luar daerah Magelang, termasuk swasta.

”Kita bisa menggandeng rumah sakit di Kota Magelang yang kewenangannya bukan di pemerintah pusat bisa kita gandeng. Ada juga BPJS online, rumah sakit di seluruh indonesia masuk juga di Magelang Cerdas,” ujarnya.

Saat ini, Magelang Cerdas sudah memiliki 20 fitur yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Magelang maupun luar Magelang. Ke depannya, Diskominsta bersiap untuk penambahan fitur lain.

Kepala Diskominsta Kota Magelang, Catur Budi Fajar mengungkapkan perpindahan layanan masyarakat dengan pemanfaatan teknologi sudah diupayakan sejak tahun 2015. Dengan adanya aplikasi Magelang Cerdas ini, dia berharap masyarakat bisa sadar akan kebermanfaatan teknologi dalam pelayanan masyarakat.

”Kota Magelang sudah menuju smart city sejak 2015 adanya penghargaan dari ITB. Kami ingin Magelang bisa dipantau dari smartphone kami gandeng Gamatechno untuk membuat aplikasi ini, 2017 sudah terealisasi dan terus dikembangkan hingga sekarang,” ujarnya. (wid)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here