Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kepokmas di Wonosobo Terpantau Stabil

HARGA
HARGA. Di ujung bulan November 2019, sejumlah harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Di ujung bulan November 2019, sejumlah harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil. Hal tersebut terlihat dari hasil pantuan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Wonosobo. Adapun kenaikan masih wajar akibat stok bahan baku.

Kepala Bidang Perdagangan Disperdagkop UMKM Wonosobo, Agung Prabowo mengatakan, saat ini meski di ujung bulan November, menjelang libur tahun baru dan natal, untuk harga sembako masih terpantau stabil.

“Sekarang masih stabil, biasanya kenaikan harga bahan pokok seperti sembako di pasar, seminggu atau dua minggu menjelang tahun baru. Namun itu juga belum tentu naik, tergantung permintaan pasar,” katanya.

Menurutnya, potensi kenaikan harga biasanya terjadi pada komoditas telur dan daging, karena ada permintaan tinggi untuk kegiatan masyarakat utamanya perayaan natal serta tahun baru. Dinas Perdagangan  melakukan pemantauan harga secara rutin. Hal itu guna mengetahui bahan pokok apa saja yang mengalami kenaikan dan serta kondisi stok barang.

“Seperti tahun sebelumnya, ketika libur hari raya keagamaan, peningkatan pada komoditas daging dan telur. Tapi itu kita pantu pergerakaannya, kalau untuk sayuran stabil, ada kenaikan tapi tidak signifikan, bahkan cabai malah turun,” ucapnya.

Disebutkan, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran diantaranya beras jenis IR 64 premium masih bertahan di harga Rp10 ribu perkilogram, harga daging ayam Rp31 ribu perkilogram, harga gula pasir Rp12.500, harga telur ayam Rp23 ribu perkilo.

“Kebutuhan  bahan pokok meliputi beras, gula, telur, minyak goreng, daging ayam, daging sapi, tepung terigu bawang dan cabai terpantua stabil, ” jelasnya.

Sedangkan  stok barang komoditas kebutuhan pokok masyarakat, pihaknya mengaku dalam kondisi baik dan stabil. Seluruh barang tersebut tersedia cukup di pasar maupun pemasok. Bidang perdagangan akan terus melakukan pemantuan terhadap pergerakan harga kebutuhan pokok masyrakat sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat Wonosobo.

“Informasi perkembangan harga akan terus kita pantau dan sampaikan kepada public. Selain itu juga terus di laporkan kepada Disperindag Provinsi Jateng,” pungkasnya. (gus)

Laporan Hasil Monitoring Kepokmas Minggu Keempat Bulan November  2019

Kerjasama Disperdagkop UMKM  dengan Wonosobo Ekspres

 

No Nama Barang Satuan Harga rata-rata Ketersediaan  

 

1 Beras IR 64 premium kg Rp.10.000 Cukup
2 Beras IR 64 medium   Rp.9.000  
3 Gula pasir lokal   Rp.12.500  
4 Jagung   Rp.5.500  
5 Tepung   Rp.8.000  
6 Cabe merah keriting   Rp.25.000  
 7 Cabe rawit merah   Rp.30.000  
8 Daging ayam ras   Rp.31.000  
9 Daging sapi murni   Rp.125.000  
9 Minyak goreng bimoli lt Rp.14.000  
10 Telur ayam   Rp.23.000  
11 Bawang putih kating   Rp.30.000  
12 Bawang merah   Rp.30.000  
13 Garam halus   Rp.10.000  

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here