Kejuaraan Catur di Temanggung, Jawaranya Didominasi Pecatur Luar Kota

Jawara Catur Didominasi Pecatur Luar Kota
SERIUS. Ratusan peserta kejuaraan catur serius mengikuti jalannya perlombaan di Aula SMP N 6 Temanggung.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Dari tiga kelompok kejuaraan catur yang digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Temanggung, tidak ada satupun pecatur asli Temanggung yang menjadi jawara. Pecatur asal Temanggung hanya berhasil merebut posisi keempat dan ketiga.

Kejuaraan catur digelar di aula SMP Negeri 6 Temanggung diikuti sebanyak 139 peserta dari berbagai daerah. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok umum sebanyak 115 orang, Kelompok Umur (KU) usia 15 tahun putra 15 orang dan Kelompok Umur (KU) usia 15 tahun putri 9 orang.

“Mereka akan bertanding sesuai dengan kelompoknya masing-masing,” kata Ketua Percasi Pengkab Temanggung Adi Nurtantiyo, kemarin.

Ia mengatakan, pada akhir kejuaraan untuk kelompok umum keluar sebagai juara pertama Marwanto dari Semarang, juara 2 Awam wahono (Bekasi), juara 3 Surya Wahyu (Grobogan) dan juara 4 diraih Angga Murti (Temanggung).

“Pecatur dari Temanggung baru berada di posisi paling bontot,” katanya.

Baca Juga
Polres Wonosobo Bekuk Komplotan Pembobol ATM BNI Asal Lampung

Untuk Kelompok Umur (KU) usia 15 tahun putra juara pertama direbut Rajjal Maaru (Semarang), juara 2 Blessing from Heaven (Salatiga), juara 3 Salnaf Farsh (Banyumas) dan juara 4 Hanityo Muktiarso (DIY).

Sedang untuk Kelompok Umur (KU) usia 15 tahun putri Cherishta dari Kota Semarang tampil sebagai juara pertama disusul Candies (Semarang kota) sebagai juara 2, Grandies Faradien (Temanggung) juara 3 dan Elsa dari Salatiga sebagai juara 4. Masing-masing juara selain mendapat trophy juga mendapat hadiah uang pembinaan serta piagam penghargaan.

“Pada kelompok ini pecatur dari Temanggung meraih runner up,” terangya.

Kejuaraan catur tingkat umum dan kelompok umur ini memperebutkan trophy Bupati Temanggung. Kejuaraan catur Bupati Cup se Kabupaten Temanggung diselenggarakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi ke-185 Kabupaten Temanggung tahun 2019.

Baca Juga
Masuk Semua Kategori, Kota Magelang Borong Penghargaan RKCI 2019

Kejuaraan dimaksudkan untuk memasyarakatkan olahraga catur pada semua kalangan dengan tujuan untuk mencari bakat atlet catur usia dini, menanamkan jiwa sportivitas sekaligus memelihara dan menjaga kesehatan pikiran. Di aisi lain kejuaraan bertujuan sebagai sarana peningkatan prestasi atlit.

“Melalui kejuaaran ini kita berharap akan bermunculan atlet-atlet muda catur yang berbakat yang selanjutnya kita lakukan pembinaan secara intensif supaya tumbuh dan berkembang menjadi pecatur yang handal. Dengan demikian mereka manakala mengikuti berbagai kejuaraan bisa berprestasi guna mengharumkan nama Kabupaten Temanggung,” ujarnya. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here