Pantau Aktivitas Gunung Slamet, PVMBG Pasang Alat Pendeteksi di Tegal

slamet
PASANG ALAT - Petugas PVMBG memasang dua alat di lereng Gunung Slamet, baru-baru ini.

MAGELANGEKSPRES.COM,SLAWI – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang dua unit alat pendeteksi aktivitas Gunung Slamet di Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, baru-baru ini. Alat itu tujuannya untuk memantau aktivitas Gunung Slamet yang saat ini masih berstatus waspada atau level 2.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Slamet Desa Gambuhan, Sudrajat menuturkan, dua alat yang dipasang di Gunung Slamet itu yakni seismometer dan Electronic Distance Measurement (EDM). Kedua alat ini dapat membantu melakukan pemantauan aktivitas gunung tertinggi di Jawa Tengah itu.

“Alat seismometer berfungsi untuk memantau aktivitas kegempaan. Kalau EDM berfungsi untuk memantau deformasi atau perubahan badan gunung,” kata Sudrajat.

Pemasangan dua alat itu, Sudrajat mengaku melibatkan enam personil dari PVMBG, Petugas Pos Pemantau Gunung Slamet Gambuhan Pemalang, dan relawan di Desa Sigedong. Sudrajat juga mengaku sudah memasang sejumlah CCTV di Dukuh Sawangan.

“CCTV sudah kami pasang beberapa minggu yang lalu. Semuanya sudah bisa difungsikan. Termasuk dua alat yang baru dipasang ini,” ujarnya.

Sementara, anggota relawan Bocah Sawangan Pecinta Alam (Bosapala), Lukman Aling memberikan apresiasi kepada PVMBG yang telah memasang alat tersebut di desanya. Sehingga aktifitas Gunung Slamet dapat dipantau secara maksimal.

“Setelah ada alat ini, warga tidak resah. Warga bisa beraktifitas seperti biasanya,” ucapnya. (yer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here