Pembekalan Guru Inti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Jakarta, Guru SMK Negeri 3 Magelang Berhasil Meraih Juara Pertama

PRESENTASI. Umi Khayah Rusiyanah SPd saat menyampaikan presentasi dalam kegiatan PKP
PRESENTASI. Umi Khayah Rusiyanah SPd saat menyampaikan presentasi dalam kegiatan PKP

MAGELANGEKSPRES.COM,UMI KHAYAH RUSIYANAH SPd, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Magelang berhasil meraih juara pertama pada pembekalan guru inti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi yang dilaksanakan pada 23-30 Oktober 2019 di Hotel Milenum Jakarta.

Dia meraih nilai terbaik mata pelajaran Bahasa Indonesia  SMK dari 244 peserta mapel UN SMA dan SMK. Seluruh Peserta berasal dari 6 provinsi yaitu Banten, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Tujuan kegiatan adalah menyiapkan guru inti, meningkatkan pemahaman, dan meningkatkan kapasitas Guru Inti tentang konsep, strategi penggunaan perangkat, strategi program PKB melalui Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi.

Program PKP merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Penyiapan Program PKP yang mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi.

Umi Khayah menyampaikan rasa syukur dan mendapat kehormatan terpilih juara pertama, semua berkat dukungan dan doa dari teman-teman semua.

Ia juga merasa bersyukur mendapat kesempatan mengikuti kegiatan, apalagi dengan narasumber hebat dari Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan pendidikan Khusus, Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, dan widyaiswara.

“Terima kasih mendapatkan kembali bekal-bekal ilmu dari materi-materi yang telah diberikan seperti konsep dan pendalam materi pembelajaran berorientasi HOTS, penyusunan penilaian sampai dengan praktik pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching. Yang utama rasa bahagia bertemu para guru hebat juga dari berbagai wilayah, bersama-sama berdiskusi dan saling berbagi. Harapan terbaik adalah untuk peningakatan prestasi anak didik kami,” tuturnya.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana SPd MMPar menyampaikan selamat atas prestasi Bu Umi Khayah memperoleh juara pertama. Ungkapan rasa bangga bahwa salah satu guru di SMK Negri 3 Magelang berhasil memberikan prestasi, hal ini menjadi motivasi bagi para siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

(Prestasi siswa hebat didukung oleh guru dan pengampu yang kompeten dan hebat juga. Perlunya peningkatan kompetensi guru adalah satu upaya meningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan, dan SMK Negeri 3 Magelang selalu terus berusaha melakukannya,” tutupnya. (rilis/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here