266 Desa di Kendal Didorong Dirikan BUMDes

DIALOG – Bupati Kendal saat dialog dengan awak media.
DIALOG – Bupati Kendal saat dialog dengan awak media.

MAGELANGEKSPRES.COM,KENDAL – Pemkab Kendal terus mendorong 266 desa untuk mendirikan BUMDes. Hal itu menjadi bagian dari upaya mendongkrak perekonomian, khususnya melalui geliat UMKM, desa wisata, dan ekonomi kreatif lainnya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan, Pemkab fokus pada perekonomian skala kecil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena terbukti, UMKM lebih tahan terhadap kondisi krisis ekonomi.

“Kita akan dorong ide – ide kreatif bermunculan dan segera diwujudkan dengan usaha kreatif. 101 Dewis dengan konsep dan usaha yang kreatif akan mengundang wisatawan yang tentu saja bisa mendongkrak ekonomi seluruh desa,” ungkapnya saat wawancara dengan awak media, baru-baru ini.

Menurut Bupati, perubahan pola pikir masyarakat saat ini cenderung melahirkan ide dan karya kreatif. Karena itu, SDM yang ada harus dibentuk menjadi smart person. “Inilah yang mampu mengubah Kendal menjadi Permata Pantura dan akhirnya tujuan Kendal Mendunia pada 2021 bisa tercapai,” ujar Mirna.

Sebagai salah satu dari 100 smart city, Kabupaten Kendal disebutnya mengandalkan potensi lokal untuk membuat aplikasi yang terkoneksi dengan semua jaringan. “sehingga pelayanan masyarakat semakin cepat dan terjangkau, tak terkecuali dengan UMKM dan Desa Wisata,” pungkasnya. (fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here