PGRI Kuatkan Solidaritas dan Kepedulian Lewat Touring

    KAKIAN. PGRI Kuatkan Solidaritas dan Kepedulian Lewat Touring
    BAKTI SOSIAL. Anggota PGRI Purworejo bakti sosial membagikan sembako kepada warga saat touring melintasi wilayah Kecamatan Bruno dan Pituruh, baru-baru ini.

    MAGELANGEKSPRES.COM,Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Purworejo memiliki agenda tahunan menarik untuk menguatkan solidaritas dan kepedulian. Para guru yang menjadi anggotanya diajak touring mengunjungi objek wisata dengan mengendarai sepeda motor. Jauh dari kesan hura-hura, mereka kompak melakukan bakti sosial di sejumlah titik yang dilalui.

    Sekitar 117 sepeda motor yang ditunggangi para guru dari berbagai sekolah dan jenjang pendidikan berjajar rapi di halaman Gedung PGRI Kabupaten Purworejo, Minggu (27/10). Derum suara knalpot menandai perjalanan siap dimulai saat bendera start berkibar pagi itu.

    Rombongan yang dipimpin Ketua PGRI Kabupaten Purworejo,  Drs Urip Raharjo MPd, lalu berjalan pelan menuju 2 etape yang telah ditentukan. Etape 1 di wilayah Kecamatan Bruno dan etape 2 di wilayah Kecamatan Pituruh.

    Perjalanan etape 1 dimulai dengan melintasi ruas jalan utama menuju Bruno yang menyajikan keindahan pemandangan alam perbukitan. Sekitar 1 jam melaju, rombongan lalu transit di halaman SDN Cepedak. Tidak sekadar beristirahat, mereka juga membagikan sembako kepada warga desa di wilayah tersebut.

    Ucapan selamat datang oleh Ketua PGRI Cabang Bruno, Ngadiman MPd, menjadi sambutan hangat. Kunjungan rombongan guru menjadi bentuk apresiasi kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Bruno yang berada cukup jauh dari pusat kota Purworejo.

    “Kegiatan touring dan bakti sosial seperti ini sangat positif untuk membangkitkan semangat solidaritas PGRI,” ungkapnya.

    Baca Juga
    ICW Desak MA Tolak PK Koruptor

    Sejenak melepas lelah, perjalanan dilanjutkan dengan touring menguji andrenalin. Menggunakan sepeda motor berbagai jenis, peserta diajak naik ke puncak lokasi Wisata Gunung Putri dan Kahyangan Sigendol Giyombyong yang menyajikan pemandangan alam eksotik. Akses jalan yang berkelok-kelok, terjal, dan menantang menjadi pengalaman tersendiri bagi peserta.

    “Touring seperti ini kegiatan touring kedua yang digelar PGRI. Kali ini kita juga membawa misi untuk mengenalkan destinasi wisata Purworejo. Dengan bersama-sama seperti ini, perjalanan lebih menarik  dan tidak terasa jauh,” kata ketua PGRI didampingi Ketua Panitia Touring, Irianto Gunawan SPd.

    Sekretaris panitia touring sekaligus Ketua PGRI Cabsus Kemenag Kabupaten Purworejo, Drs Ayub Heri Santoso, MPd, menambahkan bahwa dana untuk bakti sosial berupa pembagian bingkisan sembako merupakan hasil  iuran peserta touring dan kas kegiatan pengurus PGRI.  Dalam aksi kepedulian ini PGRI juga menggandeng  Baznas kabupaten Purworejo.

    “Pembagian sembako sebagai bukti kepedulian PGRI terhadap masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas, toleransi dan rasa kekeluargaan sesama angggota PGRI ” jelanya.

    Puas menikmati keindahan wisata di Bruno, rombongan lalu bergeser menuju etape kedua, wilayah pegunungan di Kecamatan Pituruh. Rombongan diterima Camat dan pejabat lainnya di bumi peerkemahan Pamprihan. Di lokasi itu, rombongan kembali mendapat sambutan hangat. Kepala Desa Pamprihan, Budi Susilo, mengajak menyanyikan bersama lagu Desaku yang tercinta dan diikuti dengan penuh semangat oleh semua peserta touring.

    Apresiaisi juga diberikan Bejo Suryono SPd, Ketua PGRI Cabang Pituruh. Dirinya menilai, kegiatan kali ini membuktikan bahwa guru melalui organisasi PGRI tidak hanya mampu menyelenggarakan seminar atau workshop. Lebih dari itu, mampu melaksanakan kegiatan di luar ruangan dengan dampak yang positif bagi masyarakat luas. (*)

     

     

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here