Molor, Dana Desa  Tahap Tiga di Temanggung Seharusnya Cair Oktober

dana desa.
PROYEK. Salah satu proyek pembangunan di Desa Tlahab yang menggunankan dana desa sampai saat ini masih berjalan.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Mayoritas desa di Kabupaten Temanggung mengharapkan sebelum tutup bulan ini Dana Desa bisa segera dicairkan, sehingga semua proyek baik pembangunan infrastruktur maupun yang lainnya bisa segera diselesaikan sebelum tutup tahun 2019.

Kepala Desa Ketitang Kecamatan Jumo, Geri Setiawan mengatakan, sampai saat ini Dana Desa tahap ketiga belum bisa dicairkan, padahal sudah mendekati akhir tahun. Ditambah lagi pihaknya telah melengkapi, mengirimkan laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa tahap 1 dan 2 tahun ini.

“Mestinya, sesuai jadwal, Dana Desa tahap 3 turun Bulan Oktober lalu. Namun hingga memasuki Bulan November, belum juga turun,” keluhnya.

Keterlambatan pencairan dana tersebut, menurut Geri akan berdampak pada pelaporan penggunaan dana berikutnya yang harus segera disetor untuk kepenting pencairan Dana Desa tahun depan, serta program yang harus terburu-buru dijalankan untuk memenuhi laporan agar tepat waktu.

Baca Juga
Terpeleset, Dua Santri Ponpes Nurul Ali Magelang Tewas di Dalam Sumur

“Kalau mepet turunnya, kita harus kejar-kejaran dengan program dan laporan. Tapi mau bagaimana lagi, semoga November ini dana tahap 3 sudah cair,” ujar Geri.

Dana Desa tahap tiga ini sedianya akan digunakan untuk pavingisasi jalan penghubung antar RT, melanjutkan pekerjaan tahap 1 dan 2. Total masih ada sekitar 1 kilometer yang harus dipaving, dan terpaksa harus berhenti dulu karena dana belum cair. Dana tahap 3 juga akan digunakan untuk keperluan pemberdayaan.

“Saya tidak berani ambil resiko melanjutkan pengerjaan infrastruktur dengan cara pinjam dana dulu atau berhutang material. Soalnya suplier belum tentu mau,” katanya.

Tahun 2019 ini Desa Ketitang menerima Dana Desa sebesar Rp 900 juta. Sebanyak 60 persen telah dicairkan pada tahap 1 dan 2, sisa 40 persen baru akan dicairkan pada tahap 3. Sebagian besar dana digunakan untuk pavingisasi jalan desa. (set)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here