Presiden Jokowi Resmikan Operasional Palapa Ring di Istana

PERESMIAN. Konektivitas Palapa Ring dari Sabang sampai Merauke diresmikan Presiden Jokowi di Istana Negara, 
PERESMIAN. Konektivitas Palapa Ring dari Sabang sampai Merauke diresmikan Presiden Jokowi di Istana Negara, 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan operasional Palapa Ring, di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10). Peresmian ini menandai tuntasnya pembangunan jaringan serta optik dari Sabang hingga Merauke.

Hadir pada acara peresmian itu Ketua DPR PUan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan tamu undangan lainnya.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring, yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia,” ucap Jokowi.

Pembangunan Palapa Ring ini telah selesai dibangun secara bertahap, seperti bagian barat dan tengah telah selesai pada 2018 dan awal 2019. Khusus wilayah timur berhasil dirampungkan Agustus 2019 lalu.

Jokowi berharap dengan dioperasionalkannya jaringan koneksi internet berkecepatan tinggi ini dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua, Maluku dan NTT.

“Bagi seluruh aparatur pemerintah, saya perintahkan agar memanfaatkan beroperasinya tol langit ini untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efesien, birokrasi yang melayani yang meningkatkan akuntabilitas publik, serta akurasi dalam kebijakan-kebijakan,” ucap Jokowi.

Di sisi lain, mantan wali kota Solo itu berpesan kepada masyarakat agar menggunakan konektivitas internet ini dengan baik dan bijak. Jangan sampai kehadiran jaringan tersebut disalahgunakan seperti penyebaran ujaran kebencian, hoaks, dan hal negatif lainnya.”Saling Menjelekan, saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara kita,” tambah suami Iriana itu.usai peremian operasional Palapa Ring tersebut, Jokowi langsung menjajal kekuatan sinyalnya dan melakukan videoconference dengan kepala daerah di Wamena, Sorong, Rite Ndao, Penajam Paser Utara, hingga Sabang.(fat/jpnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here