124 Siswa SDN 1 Kembaran Kulon Antusias Ikuti Persari

PENYEMATAN: Kepala SD Negeri 1 Kembaran Kulon menyematkan tanda peserta dalam upacara pembukaan Persari, 
PENYEMATAN: Kepala SD Negeri 1 Kembaran Kulon menyematkan tanda peserta dalam upacara pembukaan Persari, 

PURBALINGGA-Sebanyak 124 siswa SD Negeri 1 Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga antusias mengikuti kegiatan Perkemahan Satu Hari (Persari), Sabtu (12/10). Peserta Persari yang berasal dari kelas 4-6 ini mengaplikasikan semua materi kepramukaan yang telah didapatkan dalam latihan rutin sebelumnya.
Kepala SD Negeri 1 Kembaran Kulon, Ana Yuniarti Saparia SPd didampingi Koordinator Persari, Pamuji Sugeng SPd mengatakan, Persari itu diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kekompakan anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SD Negeri 1 Kembaran Kulon, memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepramukaan, melatih dan memberikan arahan hidup dan belajar mandiri di alam terbuka serta meningkatkan kedisiplinan siswa.
“Persari ini merupakan salah satu pembekalan menuju Pramuka Garuda,” tuturnya.
Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dan penyematan tanda peserta di halaman sekolah. Setelah itu, para peserta mengikuti praktek formasi baris berbaris, manfaat berkemah, sandi morse dan sandi kotak, pentas seni dan jelajah medan.
Para siswa nampak semangat dan gembira mengikuti kegiatan Persari, terutama jelajah medan dengan melewati area persawahan dan pedesaan. Para siswa tak ketinggalan mengaplikasikan nilai-nilai cinta lingkungan. Mereka selalu meyiapkan tas plastik untuk tempat sampah.
“Kami berharap siswa dapat mengikuti kegiatan dengan semangat untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian menjadi pramuka sejati dan cinta lingkungan. Apalagi, SDN 1 Kembaran Kulon ini merupakan sekolah Adiwiyata,” tambahnya. (bdg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here