Jembatan Kali Putih Bergerak

jembatan
KUNJUNGAN : Komisi III DPRD Kabupaten Tegal melakukan kunjungan kerja di Jembatan Kali Putih di Guci, Kecamatan Bumijawa,

BUMIJAWA – Jembatan Kali Putih yang berada di ruas jalan Guci-Batumirah Kecamatan Bumijawa bergerak. Jembatan mengalami pergeseran akibat longsor yang terjadi setahun silam. Saat ini, jembatan tersebut sedang diperbaiki. Namun, Komisi III DPRD Kabupaten Tegal meminta supaya dikaji dulu sebelum dilakukan perbaikan. Usulan itu mencuat saat Komisi III melakukan kunjungan kerja ke lokasi, Senin (7/10).

Kunjungan kerja dipimpin Ketua Komisi III Munif didampingi wakilnya, M Khuzaeni dan sekretarisnya, Bambang Romdhon Irawan, serta sejumlah anggotanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal Hery Suhartono dan sejumlah pejabat DPU lainnya turut mendampingi. Dalam kunjungan itu, Komisi III melihat secara langsung kondisi jembatan yang mengalami pergeseran cukup lebar.

“Jembatannya sudah melintir dan bergeser,” kata Munif didampingi M Khuzaeni.

Baca Juga
Merti Dusun di Kabupaten Magelang, Bukti Bersatunya Warga dengan Pemerintah

Kondisi jembatan diakui sangat memprihatinkan. Bahkan, jika tidak segera diperbaiki, maka terancam ambruk. Namun demikian, DPU tengah melakukan perbaikan dengan menutup rongga yang mengalami pergeseran dengan menggunakan tanah.

“Apakah ini bisa mengatasi masalah pergeseran tanah di jembatan ini? Makanya, harus ada kajian supaya anggaran yang dikeluarkan tidak muspro,” terangnya.

Dia menambahkan, kajian itu dilakukan untuk mengetahui struktur tanah dan kondisi jembatan tersebut. Sebab, rangka atas jembatan juga ikut melintir. Kondisi itu dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap kekuatan jembatan.

“Harusnya dikaji dulu, baru dilakukan perbaikan,” sarannya.

Kepala DPU Kabupaten Tegal Hery Suhartono menuturkan, jembatan Kali Putih sudah 40 tahun belum pernah diperbaiki. Praktis, jembatan itu mengalami kerusakan dan bergeser. Pondasi jembatan juga sudah berubah karena tanahnya retak. Dia mengaku akan mengusulkan anggaran untuk studi Detail Engineering Design (DED).

“Nanti akan diusulkan studi dulu dengan DED,” tukasnya. (yer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here