Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Turun 1,75 %

Angka Kemiskinan Turun 1,75 %
RAKOR. Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, berikan paparan dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Desa Kabupaten Magelang.

MAGELANG – Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana mengatakan, angka kemiskinan di Kabupaten Magelang selama lima tahun terakhir mengalami penurunan sebesar 1,75 % data dari BPS Kabupaten Magelang.

Pada tahun 2018 menjadi 11,23% turun dari tahun 2014 sebesar 12,98%. Rata-rata penurunan angka kemiskinan selama lima tahun 0,35%.

“Walaupun angka kemiskinan Kabupaten Magelang semakin turun namun belum sesuai dengan target yang diamatkan dalam RPJMD tahun 2014-2019, yaitu 9%. Guna mencapai target tersebut kami tidak bisa bekerja sendirian, oleh karena itu perlu dukungan dan bantuan banyak pihak terkait,” ucap Edi dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Desa Kabupaten Magelang di Gedung Sinta Bandongan, Senin (7/10).

Dalam kesempatan tersebut,  Dalam kegiatan yang dihadiri Camat Bandongan, Kaliangkrik dan Kajoran, beserta kepala desa tiga kecamatan tersebut.

Menurut Edi, penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan empat prinsip utama yang konperhensif. Yaitu, perbaikan dan pengembangan sistem perlindungan sosial, peningkatan akses pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin, pembangunan yang inklusif.

Baca Juga
Merti Dusun di Kabupaten Magelang, Bukti Bersatunya Warga dengan Pemerintah

“Penanggulangan kemiskinan pada dasarnya bersifat lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan, tidak hanya melibatkan pemerintah tetapi juga pihak non pemerintah, seperti organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan lembaga internasional,” papar Edi.

Untuk mengkoordinasikan dan kebijakan program penanggulangan kemiskikan di daerah, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 15 Tahun 2010, tentang percepatan penanggulangan kemiskinan, yang mengamanatkan pembentukan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan, baik provinsi, kabupaten dan kota.

“Lembaga ini berfungsi sebagai mitra kerja tim percepatan penanggulangan kemiskinan, yang dibentuk ditingkat nasional,” terang Edi.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Bandongan, Mulyatno, S.Sos, menyampaikan, laporan yang telah diupayakan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Bandongan, Kaliangkrik dan Kajoran.

“Bahwa kami telah berkoordinasi kepada tim Penanggulangan Kemiskinan Desa PKH dan TKSK, apabila diadakan bantuan untuk keluarga miskin. Pemutakhiran data kemiskinan setiap semester. Fasilitasi kebijakam pemerintahan desa untuk penanggulangan kemiskinan melalui anggaran desa,” tutur Mulyatno.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here