Tiga Pilar Peradaban Kemanusiaan

BERPOSE. Panitia dan pemateri berpose bersama usai seminar nasional.
BERPOSE. Panitia dan pemateri berpose bersama usai seminar nasional.

MAGELANG – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Agama Islam dan Komisariat Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mengadakan seminar nasional  dengan tema” Socio-Technopreneurship” di Auditorium Kampus 1 kampus setempat kemarin.

Pematerinya, Ketua Dewan TIK Nasional Dr.Ing Ilham Habibie M.B.A dan Deputy Executive Director of MRI, Rulli Renata. Kesempatan ini dihadiri 500 peserta baik dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Rulli Renata menyampaikan, Indonesia berasal dari jiwa-jiwa ikhlas dan memiliki modal besar, yaitu sosial. Ada tiga pilar peradaban kemanusiaan. Yakni pertama, humanity. Dimana humanity adalah hal pertama yang perlu dibangkitkan.

“Berprofesi apapun perlu memiliki rasa humaniti yang tinggi,” katanya.

Baca Juga
Gunung Sumbing di Temanggung Terbakar Lagi

Kedua, Filantropi, dimana rasa kemanusiaan perlu kita tularkan. Ketiga, Volunterizm yaitu kemauan menjadi relawan).

“Sochio Technopreneurship bukan membicarakan ijazah melainkan apa yang anda bisa,” tandasnya.

Dijelaskan, sejarah meminta kita bukti untuk menjadi cendekia. Kita adalah solusi ditempat kita. “Kita pantas menjadi manusia jika kita masih punya rasa kemanusiaan,” tandasnya.

Dr.Ing Ilham Akbar Habibie M.B.A menyampaikan, semua aspek saat ini menggunakan teknologi. Inovasi kewirausahaan tidak bisa terpisah dari pengetahuan. Ia berharap kita bisa menjadi produsen sekaligus konsumen untuk bangsa sendiri.

Dengan adanya teknologi terjadilah demokratisasi ilmu pengetahuan, ekonomi.

“Kita harus membuka mata banyak peluang dan ancaman dan perlu bagi kita untuk memanagemen hal-hal negatif dan mulailah dari diri kita,” tandasnya.

Immawati Najmi, salah satu Steering Comitte seminar menyampaikan, seminar nasional ini sebagai program kerja besar terakhir di IMM Komisariat Agama Islam maupun IMM Komisariat Teknik.

“Diharapkan dengan adanya acara ini dapat mengekplorasi sebuah gagasan baru inovasi dalam teknologi dan tetap mengedepankan kepedulian sosial,” tandasnya. (rls/man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here