Ketoprak SMPN 2 Kesesi Tampil di TMII

KETOPRAK BOCAH: Pelajar SMPN 2 Kesesi menampilkan pagelaran ketoprak bocah 'Sesuluh Ki Ageng Cempaluk' di Anjungan Jateng, TMII, Jakarta,
KETOPRAK BOCAH: Pelajar SMPN 2 Kesesi menampilkan pagelaran ketoprak bocah 'Sesuluh Ki Ageng Cempaluk' di Anjungan Jateng, TMII, Jakarta,

KAJEN – Pelajar SMPN 2 Kesesi, Kabupaten Pekalongan, menjadi duta seni Kota Santri dan tampil memukau dalam pentas ketoprak bocah di Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (6/10). Para pelajar ini menampilkan ketoprak bocah dengan lakon Sesuluh Ki Ageng Cempaluk.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi sejumlah pejabat di antaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Ali Reza, Kepala Dindikbud Sumarwati, Kepala Kesbangpol Haryanto Nugroho ikut menyaksikan pagelaran ketoprak bocah ini. Ketua DPRD Hindun dan para ketua Komisi di DPRD Kabupaten Pekalongan juga menyaksikan pentas kesenian tradisional tersebut. Selain itu, pagelaran itu juga disaksikan oleh Paguyuban Warga Jateng dan Paguyuban Warga Pekalongan yang berada di Jakarta.
Ketua Penyelenggara, Sumarwati, menyatakan, pentas ketoprak bocah dengan judul Sesuluh Ki Ageng Cempaluk ini dibawakan oleh pelajar SMPN 2 Kesesi. Ditunjuknya mereka sebagai duta seni Kabupaten Pekalongan untuk tampil di TMII berawal saat tampil di acara Pahingan di Kabupaten Pekalongan. “Ini merupakan kesempatan emas. Mereka sudah mempersiapkan diri selama berbulan-bulan, semoga bisa tampil dengan maksimal. Mari kita ambil hikmah dari pentas ketoprak ini,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, di Anjungan Jateng di TMII pelajar dari SMPN 2 Kesesi akan menampilkan ketoprak bocah dengan lakon Sesuluh Ki Ageng Cempaluk. Menurutnya, Ki Ageng Cempaluk merupakan tokoh pendiri Pekalongan.
Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan pada tahun 2019 akan dibangun rest area di jalan tol di Kabupaten Pekalongan seluas 10 hektare. Di rest area itu juga akan dijadikan sebagai sentra batik. “Exit tol juga akan selesai, yakni exit tol Bojong,” katanya.
Bupati menambahkan, ia sudah menitipkan warga Pekalongan kepada Gubernur DKI Anies Bawesdan. Menurutnya, ada sekitar 100 ribu warga yang berada di Jakarta. (ap5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here