Kebakaran di TNGM Wilayah Kabupaten Magelang Belum Padam

kebakaran
Kebakaran di TNGM Wilayah Kabupaten Magelang Belum Padam

SRUMBUNG – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) wilayah Kabupaten Magelang hingga Minggu (6/10) belum padam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, pada hari ketiga kebakaran hutan ini, ratusan personel pemadam gabungan telah bergerak ke sejumlah titik.

“Tim dibagi dalam tiga tim yakni, Blok Bokong Semar, Kandang Macan, dan Gentong,” ungkap Edy.

Proses pemadaman dilakukan secara manual oleh ratusan personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, TNGM, relawan, Damkar, Satpol PP dan warga setempat.

“Sekitar 800 personel gabungan melakan pemadaman dan penyekatan di ketiga lokasi itu,” papar Edy.

Baca Juga
Rem Blong, Truk Bermuatan Bahan Semen Terguling di Jalan Purworejo-Magelang

Guna mendukung operasi itu, dapur umum logistik didirikan di Joglo Jurangjero. Selain tim BPBD, dalam memasak, dapur umum juga dibantu warga ibu-ibu PKK setempat.

Hingga Minggu siang, upaya pemadaman masih terus dilakukan. Sedangkan visual Gunung Merapi dan sekitar hutan lokasi kebakaran tertutup kabut tebal.

Guna mendukung proses pemadaman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mendirikan Pos operasi penanganan Karhutla dan dapur umum.

Lokasi pos operasi itu berada di Jurangjero, Desa Ngargosuko Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

“Dapur Umum BPBD mempersiapkan logistik pangan guna mendukung Pos Lapangan yang dilanjutkan pendataan personil dan persiapan koordinasi,” tandasnya. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here