Purworejo Ditarget Juara MAPSI Tingkat Provinsi

Purworejo Ditarget Juara MAPSI Tingkat Provinsi
JUARA. Para juara Lomba MAPSI menerima trofi penghargaan dan akan mewakili Purworejo di tingkat provinsi.

PURWOREJO – Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI ) IX Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2019 selesai digelar dan mendapatkan para juara dari sejumlah cabang lomba. Perwakilan Kabupaten Purworejo nantinya ditargetkan mampu meraih juara dalam ajang yang sama tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba MAPSI tingkat kabupaten berlangsung di SMA Pancasila Purworejodan diikuti sekitar 540 siswa dari 50-an SMP negeri dan swasta se -Kabupaten Purworejo, Sabtu (21/9). Ada 7 cabang yang dilombakan, yakni Tartil, Tilawah, Hafidz, pidato, CCI, hadroh modern, dan kaligrafi.

“Khusus tahun ini ada peningkatan yaitu makin lengkap dan variatif pada lomba hadroh modern,” kata Ketua Penyelenggara, No’imah SPd MMPd.

Dijelaskan, MAPSI merupakan lomba yang berjenjang hingga ke tingkat Nasional. Para pemenang nantinya akan mewakili Kabupaten Purworejo ke tingkat Provinsi pada bulan Oktober 2019.

“Secara umum antusias sekolah sangat tinggi mengikuti kegiatan lomba ini, terbukti dengan progres 50 progres peserta yang ikut, dibandingkan tahun lalu,” jelasnya.

No’imah mengungkapkan, pada tahun lalu Lomba MAPSI hanya mendapatkan 4 kejuaraan meski masih dalam 4 besar. Tahun ini Lomba MAPSI berhasil mendapatkan 12 jenis perlombaan, baik secara individu maupun kelompok.

“Semuanya kita andalkan, untuk hadroh perkembangan luar biasa, untuk CCI juga luar biasa, karena semua telah disiapkan dari awal,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap, dalam perlombaan jejang selanjutnya, para juara 1 dari masing-masing cabang mampu meraih juara dan bisa membawa nama harum Purworejo hingga ke kancah nasonal.

“Para juara 1 dari masing-masing cabang akan kami training untuk bersaing di tingkat provinsi agar mendapatkan kejuaraan lebih banyak dari tahun lalu. Kami akan mengundang ahli dan pendampingan secara rutin,” ujarnya.

Adapun pemenang Lomba MAPSI tahun 2019 yakni, Lomba Hadroh Modern sebagai juara 1 SMPN 17, lomba CCI sebagai juara 1 SMPN 2, Lomba Tilawah Putra juara 1 SMPN 18, Lomba Tilawah Putri juara 1 SMPN 1, Lomba Tahfidil Putra juara 1 SMPN 43, Lomba Ttahfidil Putri juara 1 SMP Ulul Albab, Lomba Kaligrafi Putra juara 1 SMPN 3, Lomba Kaligrafi Putri juara 1 SMPN 3, Lomba Pidato Putri juara 1 SMPN 19, Lomba Pidato Putra juara 1 SMPN 3, Lomba Tartil putri juara 1 SMPN 7, dan Lomba Tartil Putra juara 1 SMP VIP Asy Syafiyah.

Salah satu peserta Lomba Hadroh Modern asal SMPN 17, Alif Ashfa Muhammadi, mengaku senang telah menjadi pemenang lomba. Sudah sejak dua pekan terakhir ia berlatih secara ekstra di sekolah.

“Bangga bisa menang, tahun lalu SMPN 17 juga menang, harapannya bisa menang hingga nasional,” ujarnya. (top)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here