Realisasi Anggaran Baru Terserap 21 Persen

Realisasi Anggaran Baru Terserap 21 Persen
UPACARA. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto saat memberikan amanat kepada segenap peserta upacara bendera di halaman Setda Kabupaten Magelang.

MUNGKID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan, memasuki akhir triwulan III tahun 2019, Kepala SKPD harus segera melakukan percepatan realisasi keuangan dan capaian fisik sesuai dengan target.

Dikarenakan dari total belanja langsung APBD Kabupaten Magelang tahun anggaran 2019 sebesar Rp 958.382.972.631, yang digunakan untuk membiayai 1.921 kegiatan hingga akhir Agustus 2019 realisasi anggarannya baru terserap 21 persen dari target 65,26 persen.

Sedangkan realisasi fisiknya baru tercapai 45,57 persen dari target 61,52 persen.

“Capaian ini lebih rendah, baik secara keuangan dan fisik dibandingkan tahun 2018 pada bulan yang sama,” ucap Adi Waryanto, mewakili Bupati Magelang saat memberikan amanat kepada para peserta upacara bendera setiap tanggal 17 di halaman Setda Kabupaten Magelang, Kota Mungkid, Selasa pagi (17/9).

Pada kesempatan tersebut, Adi juga menyinggung terkait peristiwa musibah kebakaran yang melanda kawasan hutan lindung di Gunung Merbabu meliputi Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Boyolali.

Menurut Adi, musibah ini memberikan pelajaran bahwa bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kebakaran tersebut telah menghanguskan 436 hektar lahan dan mengancam ekosistem flora dan fauna, serta menggangu puluhan sumber mata air sebagai pemasok air untuk masyarakat sekitar.

“Kami minta kepada semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran dalam menjaga lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab bersama,” tutur Adi.

Tak lupa Adi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu upaya pemadaman dan pengendalian di area kebakaran.

Adi menambahkan, pihaknya mengajak seluruh jajaran Forkopimda untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah menjelang Pilkades serentak pada tanggal 24 November 2019 untuk 294 Desa di wilayah Kabupaten Magelang.

“Mari kita berikan dukungan dan motivasi agar masyarakat bisa menggelar pesta demokrasi tingkat desa secara langsung dalam rangka berpartisipasi dalam pembangunan, terutama dalam menyukseskan Pilkades serentak,” tandas Adi.(cha).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here